Nabirekab.go.id – Tim Penggerak Pemberdayaan dan Kesejahteraan Keluarga (TP.PKK) dan Dharma Wanita Persatuan (DWP) Kabupaten Nabire memperingati Hari RA Kartini ke-143 tahun 2022 dengan sejumlah kegiatan dan acara puncak dilanksanakan meriah di Guest House Nabire, Kamis (21/4/2022).

Perayaan Hari Kartini di Kabupaten Nabire mengusung tema “Habis Gelap Terbitlah Terang” dan Sub Tema “Semangat Hari Kartini Kita Tingkatkan Peran Perempuan Dalam Berkarya, Mengabdi untuk Negeri dan Bermartabat bagi Keluarga”.

Perayaan Hari Kartini dihadiri oleh Bupati Nabire, Mesak Magai, S.Sos., M.Si.; Wakil Bupati, Ismail Djamaluddin; Sekda, Herman Kayame, S.T., M.T, Forkompinda, Pimpinan OPD dan para Kepala Distrik, Pimpinan Lembaga BUMN, BUMD di Nabire, Ketua dan anggota DWP Kabupaten Nabire, seluruh pengurus TP-PKK Kabupaten Nabire beserta anggota, para tamu undangan perempuan yang terdiri dari berbagai organisasi dan instansi.

Sebagai penghormatan kepada kaum perempuan di Kabupaten Nabire, Bupati Nabire Mesak Magai, Wakil Bupati Nabire Ismail Djamaluddin, Sekda Herman Kayame, Kapolres Nabire AKBP I Ketut Suarnaya SIK, Dandim 1705 Nabire letkol Inf Anjuanda Pardosi unsur pimpinan TNI lainnya, dan para pimpinan lembaga lainnya mempersembahkan sebuah lagu berjudul “Sioh Mama”.

Ketua Panitia Hari Kartini, Astriani Matheus dalam laporannya mengatakan, pihaknya telah mengadakan sejumlah kegiatan dalam ranga hari kartini tahun ini, antara lain lomba merias wajah tanpa melihat, lomba fashion show, anjangsana, ziarah dan resepsi.

Astriani Matheus mengatakan, tujuan pelaksanaan hari Kartini untuk mengenang jasa RA Kartini dalam mengangkat derajat kaum perempuan, menanamkan semangat Kartini dalam memajukan dan mengedepankan peran perempuan serta untuk menghargai peran dan kedudukan perempuan di era globalisasi.

Dalam sambutannya, Bupati Nabire, Mesak Magai, S.Sos., M.Si., mengapresiasi ibu-ibu TP PKK, Dharma Wanita, Bhayangkari, Ketua Panitia HUT RA Kartini, dan semua perempuan yang memiliki semangat luar biasa untuk memperingati HUT RA Kartini.

“Hari RA Kartini tahun 2022 hendaknya dijadikan momen penting dalam sejarah kebangkitan perempuan di Indonesia khususnya di Kabupaten Nabire. Nabire harus ada perubahan, perempuan Nabire harus bangkit kembali untuk kemajuan Nabire. Sebagai pemerintah daerah, kami siap mendukung semua kegiatan. Saya melihat Ibu-Ibu di Nabire adalah perempuan-perempuan hebat yang siap menata dan membangun daerah ini,” kata Bupati Nabire.

Wakil Bupati Nabire Ismail Djamaluddin juga mengatakan,“ Perempuan perlu dihargai dan dihormati untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan yang dapat mengancam kaum perempuan sebagai kaum yang mulia. Untuk memastikan perempuan sebagai kaum mulia, maka dibentuklah sejumlah organisasi perempuan sebagai wujud memberdayakan perempuan untuk menjadi mandiri dan kompoten.”

Pada perayaan ini dilakukan pemotongan tumpeng dan pembagian hadiah bagi pemenang lomba serta pengundian door prize. Acara menjadi semakin meriah karena Panitia juga menampilkan tari-tarian dari berbagai suku. ***

 5 total views,  1 views today

By admin

Leave a Reply

Your email address will not be published.