Nabirekab.go.id – Bupati Nabire, Mesak Magai, S.Sos, M.Si meminta kepada semua tenaga medis, para medis dan perangkat daerah terkait untuk konsentrasi dan serius dengan masalah kesehatan di Kabupaten Nabire.

“Kita ketahui bersama bahwa fasilitas Kesehatan di Kabupaten Nabire didominasi oleh Puskesmas yaitu sekitar 33 unit dan jumlah rumah sakit kita hanya ada 1 unit yang melayani wilayah Meepago. Poliklinik swasta ada sekitar 8 unit di Kabupaten Nabire, salah satunya adalah saya resmikan hari ini,” kata Bupati usai meresmikan Klinik Utama Alfa Benedik di Kampung Kalisusu, Nabire, Senin (18/4/22).

Berkenaan dengan ini, kata Bupati “Saya minta kepada semua tenaga medis, para medis dan perangkat daerah terkait untuk konsentrasi dan serius dengan pelayanan kesehatan di Kabupaten Nabire. Poliklinik itu pilihan terakhir bagi masyarakat kita yang berekonomi lemah. Saya minta sekali lagi kita benahi Puskesmas dan fasilitas kesehatan milik pemerintah daerah, baik fasilitasnya maupun pelayanannya.”

Bupati Mesak menjelaskan, berdasarkan data tahun 2021, HIV/AIDS 8.640 kasus, diare 5.978 kasus, malaria 2.341 kasus, TB Paru 827 kasus, kusta 201 kasus. Oleh karena itu, pihaknya serius dengan bidang kesehatan ini.

Bupati juga mengatakan, data tahun lalu, hanya sebanyak 2.580 bayi dan balita yang sudah menerima imunisasi campak, 2.841 imunisasi BCG, 2.504 imunisasi Polio 4, 2.483 imunisasi HB0 (saat lahir) dan 2.436 imunisasi DPT. “Padahal, saya lihat jumlah kelahiran banyak. Ini banyak bayi tidak imunisasi. Kita tingkatkan sosialisasi dan memastikan semua bayi mendapatkan imunisasi,” kata Bupati.

“Mari kita melayani dengan hati karena Tuhan menempatkan kita bertugas untuk melayani masyarakat. Sehingga kita harus mengenal panggilan apa pun kendala yang ada,“ ajak Bupati Mesak. ***

By admin

Leave a Reply

Your email address will not be published.