Nabirekab.go.id -Bupati Nabire, Mesak Magai, S.Sos, M.Si., pada 30 Desember 2021 lalu menyatakan, pihaknya siap menggelorakan semangat sepak bola di Kabupaten Nabire dalam rangka mengembalikan lagi keberadaan Persinab Nabire yang pernah jaya tetapi telah tenggelam sekian lama. Apa yang disampaikan Bupati tersebut benar-benar dilakukannya.

Panitia Bupati Cup I tahun 2022 terbentuk dengan Sostener Rumbewas sebagai Ketua Panitia dan Benny Erari, S.IP sebagai Sekretaris Paniai serta seluruh perangkat panitia. Panitia bekerja cepat, mulai dari sosialisasi, penyiapan lapangan, tenaga wasit dan melakukan pendaftaran klup. Akhirnya, sebanyak 36 klub sepak bola terdaftar.

Setelah semuanya telah selesai disiapkan panitia, Bupati Cup Tahun I 2022 resmi dibuka oleh Bupati Nabire di lapangan Sapta Marga Kodim 1705, Nabire, Sabtu (5/3/22) pukul 15.00 WIT. Pembukaan turnamen Bupati Cup Tahun ini istimewa karena karena disaksikan langsung oleh empat tamu istimewa, yaitu Bupati Biak Numfor, Bupati Puncak Jaya, Bupati Waropen dan Wakil Bupati Deiyai, ratusan legenda sepakbola yang pernah malang melintang di kasta sepakbola nasional baik amatir dan professional, serta anggota Forkopimda, Sekda Nabire, para pimpinan OPD, KONI Kabupaten Nabire, dan ribuan orang.

Acara pembukaan turnamen Sepak Bola Bupati Cup Kabupaten Nabire dilanjutkan dengan penyerahan bola oleh Bupati Nabire kepada Ketua Tim RPM SIMAPITOWA mewakili seluruh tim.

Menarik dari pembukaan Bupati Cup ini adalah para mantan pemain Persipura (All Star Persipura) yang diketuai oleh Jack Komboy dalam tur mereka ke Kabupaten Nabire bertanding melawan Tim All Star Persinab Nabire. Kemudian All Star Persinab melawan Bank Papua dan All Star Persipura melawan Bank Papua. Turut ikut serta Bupati Nabire Mesak Magai bermain perkuat tim All Star Persinab Nabire pada pertandingan segitiga itu.

Mantan pemain Persipura yang tur ke Kabupaten Nabire di antarnya Jack Komboy (Ketua), Khris Leo Yarangga, Alfred Refasi, Roni Wabia, Elisa Korwa, Otto Kanath, Nikson, Fison Merauje, Nasir Worabay, Christian Worabay , Daud H . Arim, Anton Mahuze , Ortizan Solossa, Daniel Tata, Imanuel Wanggai, Stevie Bonsapia, Lukas Rumkabu, Budi, dan Onsa Haay.

Acara pembukaan ini berlangsung meriah karena dipenuhi ribuan orang. Ini artinya bahwa momentum seperti ini telah lama dinantikan masyarakat pecinta sepak bola di Nabire.

Dalam sambutannya, Bupati Mesak mengatakan, “Sepak bola Nabire telah lama tidur. Tim kebanggaan pemerintah dan masyarakat Nabire, Persinab Nabire sempat masuk Divisi II. Tapi beberapa tahun ini sudah mati tenggelam. Saya laksanakan Bupati Cup I tahun 2022 ini untuk menghidupkan kembali kejayaan sepak bola Nabire sekaligus sebagai hiburan rakyat Nabire,” kata Bupati Nabire disambut riuh gembira ribuan orang.

“Saya katakan Nabire hebat karena kita bisa melihat potensi alamnya, potensi warganya dari berbagai kalangan suku, agama, dan itu semua merupakan kekayaan yang kita miliki, melalui potensi yang ada mari berkarya membangun Nabire, termasuk melalui sepak bola,” kata Bupati.

Ketua Panitia Bupati Cup I Soptones Rumbewas mengatakan, sebanyak 36 klub sepakbola dari seluruh wilayah Kabupaten Nabire bertanding di tiga lapangan yang telah disiapkan panitia.

“Turnamen Bupati Cub I Nabire dilangsungkan kurang lebih satu bulan di tiga lapangan, yaitu lapangan Sapta Marga Kodim 1705, lapangan 753 AVT dan lapangan SMP Negeri 5 Nabire. Dari 36 tim dibagi dalam 8 grup dan berlaga dengan sistem setengah kompetisi. Tiap tim mendapatkan kesempatan satu kali bertanding melawan tim lain dalam grup yang sama,” kata Ketua Panitia Soptones Rumbewas dan Benny Erari, Sekretaris Panitia.

Tujuan

Bupati menjelaskan, “Bupati Cup I tahun 2022 ini adalah ajang untuk seleksi pemain untuk hidupkan Persinab. Saya sudah daftarkan kembali Persinab Nabire ke Asosiasi Provinsi PSSI Papua. Jadi, sekali lagi, saya sampaikan bahwa pertandingan ini bertujuan meningkatkan prestasi sepak bola dan memacu semangat para pemain dari seluruh klub dalam rangka mengasah mutu atlet sepak bola di masa akan datang. Melalui pengembangan minat dan bakat para pemain memberi peluang lahirnya bibit-bibit potensial untuk mamajukan Persinab ke depan, sekaligus membuka peluang lapangan kerja bagi para atlit di bidang olahraga sepak bola,” kata Bupati Mesak.

Bupati mengatakan, “Saya tahu, tahu bahwa hanya melalui upaya mengasah minat dan bakat orang bisa menciptakan lapangan kerja. Kini, Persinab Nabire mendapatkan kesempatan yang sama dengan tim daerah lain untuk berlaga di Liga III.”

Apresiasi

Pelaksaan Bupati Cup I tahun 2022 ini diapresiasi oleh masyarakat dan sejumlah tokoh sepak bola. Apresiasi datang dari Ketua Tim All Star Perisipura Jayapura Jack Komboi.

Jack Komboi mengatakan, pihaknya menyambut baik dan memberikan apresiasi kepada Bupati Mesak Magai dan jajaran Pemerintah Kabupaten Nabire atas pelaksanaan Turnamen Bupati Cup I ini.

“Turnamen ini menjadi awal yang baik untuk membangkitkan gairah sepakbola di Nabire. Apresiasi juga disampaikan oleh anggota DPR Papua yang juga Manajer Dogiyai Star FC, Alfred Fredy Anouw. “Saya secara pribadi dan juga adalah anggota DPR Papua yang mewakili daerah MeePago merasa bangga dan mengapresiasi inisiatif yang mulia dari Bupati Kab. Nabire yang mengadakan turnamen besar di daerah Mee Pago dan Saireri ini,” kata Anouw.

Kata Anouw, “Semoga saja hajatan turnamen besar di Mee Pago ini menjadi awal kebangkitan tim Persinab kembali berjaya di liga3 hingga ke liga 2 dan liga1 nantinya . Dan saya juga berharap turnamen ini bisa melahirkan pemain – pemain hebat dari Nabire seperti yang pernah ada seperti Beni Erari, Yosep Iyai, Patrick Wanggai, Ricky Kayame dan pemain lainya,” ujarnya.

Todd Ferre, salah satu pemain nasional juga mengatakan optimis bahwa turnamen Sepakbola Bupati Cup Kabupaten Nabire bisa memunculkan bibit berkualitas.”Saya berharap turnamen Sepakbola Bupati Cup Kabupaten Nabire bisa memunculkan bibit berkualitas yang nantinya bisa membawa Persinab untuk berbicara lebih banyak di liga nasional,” kata Todd.

Sementara itu, mantan pesepak bola tim nasional Indonesia dan Persipura Jayapura , Titus Bonay juga sangat antusias dan mengapresiasi pola pembinaan olahraga sepak bola di Kabupaten Nabire lewat turnamen Bupati Cup Kabupaten Nabire tahun ini, berkat inisiatif brilian Bupati Nabire Mesak Magai.

“Pola pembinaan di generasi penerus yang kita punya ini sangat luar biasa, malahan mereka lebih dari kita pemain senior. Kedepan muda – mudahan banyak pemain muda yang berhasil dari Nabire bisa perkuat Timnas Indonesia,” harap Tibo.

Ia juga berharap, “Harapan saya kedepanya sepak bola tanah Papua mulai dari Jayapura dan daerah – daerah lain terlebih khusus Kabupaten Nabire bisa menghasilkan pemain hebat untuk sepak bola tanah Papua dan Timnas Indonesia.

Juara dan Hadiah

Keluar sebagai juara I pada pertandingan Bupati Cup ini adalah Bintang Dogiyai FC setelah di laga final mengalahkan Persikabo FC Kalibobo dengan skor 1-0. Bintang Dogiyai mendapatkan hadiah uang pembinaan sebesar Rp100.000.000,- tropi tetap dan tropi bergilir serta medali.

Persikabo FC Kalibobo sebagai runner-up mendapatkan hadiah uang pembinaan sebesar Rp75.000.000,- tropi tetap dan medali. Kamasan FC meraih juara tiga, mendapatkan hadiah uang pembinaan sebesar Rp50.000.000, tropi tetap dan medali. Kemudian, PS Arvita sebagai juara harapan satu mendapatkan hadiah uang pembinaan sebesar Rp35.000.000, dan tropi tetap.

Panitia juga menetapkan pemain terbaik kepada Darias Webi dari Persikabo Kalibobo dan diberikan uang pembinaan sebesar Rp5.000.000 plus tropi tetap, Pemain muda berbakat dari PS. Simapitowa atas nama Kostan Wojeri mendapatkan hadiah uang pembinaan sebesar Rp5.000.000 plus tropi tetap. Kemudian, Top Score atas nama Andarias Kayoi pemain Persikabo Kalibobo, (13 goal) mendapatkan uang pembinaan sebesar Rp5.000.000 dan tropi tetap serta Tim fairplay kepada PS. Sima dari kampung Sima Distrik Yaur.

Penutupan dan Ucapan Terima Kasih

Turnamen sepakbola Bupati Cup Nabire 2022 telah resmi di tutup pelaksanaannya oleh Bupati Nabire Mesak Magai, S.Sos., M.Si, bertempat di lapangan Sapta Marga Kodim 1705 Nabire, Sabtu (9/4/2022) Sore.

Penutupan kegiatan turnamen sepakbola Bupati Cup Nabire itu diawali dengan laga eksebisi antara All Star Persinab Nabire melawan Pemerintah Kabupaten Waropen.

Bupati Nabire Mesak Magai pada acara penutupan ini memberikan apresiasi dan ucapan terimakasih kepada panitia, pihak keamanan, sponsor dan peserta klub dan offcial yang sudah terlibat dan menyukseskan ivent tersebut.

“Saya berterimakasih untuk semua pihak, semoga keringat dan lelah yang sudah dilakukan teman-teman panitia, pemain dan offsial serta keamanan Polri dan TNI serta pihak-pihak lain yang sudah menyukseskan turnamen sepakbola Bupati Cup Nabire ini dapat membuahkan hasil dan membanggakan kita Nabire ke depan,”kata Bupati Mesak.

Diketahui, Kabag Ops Polres Nabire AKP Jusman Mori, S.I.K., M.M Polres Nabire mengatakan, untuk mengamankan jalannya pertandingan pihaknya telah menurunkan 300 Personil Polres Nabire yang dibantu oleh personil Brimob Batalyon C Nabire dan TNI.

Bagaimana ke depan?

Sekretaris Panitia Bupati Cup I, Benny Erari mengatakan, langkah selanjutnya adalah seleksi terbuka untuk pemain Persinab, menentukan pelatih, melakukan latihan rutin untuk ikut bertanding pada di Liga III.

“Selanjutnya adalah sesuai arahan Bupati adalah seleksi terbuka dari 36 tim yang berlaga pada Bupati Cup ini. Dari semua tim akan diambil 70 orang dan mereka akan diseleksi secara terbuka. Caranya mereka bermain, disaksikan oleh wasit dan masyarakat dapat menyaksikan. Wasit akan lihat, siapa yang cocok bermain di posisi mana. Ini terbuka, masyarakat juga dapat menyaksikan,” kata Benny.

Selanjutnya, kata Benny, dari 70 orang tesebut akan diambil 30 orang sebagai pemain Persinab akan melakukan latihan-latihan sambaing menungu pertandingan Liga III di bulan Oktober mendatang.

“Jadi, kami apresiasi atas semangat dan keseriusan Bupati Nabire dan kami minta dukungan dari semua pihak agar sepak bola Nabire dapat berkembang dan maju ke depan,” kata Erari. ***

By admin

Leave a Reply

Your email address will not be published.