NABIRE- Dua hari belakangan ini, tanggal 13 dan 14 Agustus 2022, sebuah foto yang menunjukkan Bupati Nabire Mesak Magai, S.Sos., M.Si sedang membersihkan pematang jalan di Kabupaten Nabire dengan mesin pembabat rumput menjadi viral dan pembahasan hangat warganet di Kabupaten Nabire.

Berkenaan dengan foto viral tersebut, tim nabirekab.go.id menemui dan mewawancarai Bupati Nabire. Bupati mengatakan, dirinya ikut bekerja sebagai bentuk penghargaan dirinya atas jasa para pahlawan berkenaan dengan HUT ke-77 RI dan sekaligus juga sebagai apresiasinya atas penanganan sampah di Kabupaten Nabire yang semakin baik.

“Saya ikut bekerja dengan tim kebersihan kota sebagai penghormatan dan penghargaan saya kepada para pahlawan pada bulan kemerdekaan, HUT ke-77 RI tahun 2022 ini. Saya juga lihat, penanganan sampah dan kebersihan kota di Nabire sangat baik saat ini. Jadi, saya ikut bekerja sebagai bentuk apresiasi saya kepada mereka yang bekerja tangani sampah dan kebersihan kota Nabire,” kata Bupati Mesak.

Menanggapi foto yang viral tersebut, beragam komentar dari warganet menghiasi media sosial.

@iwan misalnya menulis, “Luar biasa mantap KK Bupati. Untuk tambahan KK Bupati tolong perintahkan lagi tiap ruko dan kios untuk masing² siapkan tempat sampah lagi karena selama ini saya habis minum Aqua atau Coca-Cola suka buang botol, kaleng sembarangan karena belum ada tempat yang disediakan sama pemilik Ruko dan kios”.

Manfred misalnya mengatakan, “Yang harus dilakukan PEMDA Nabire soal sampah adalah pengendalian dan pengelolaan. Pengendalian sampah berkaitan dengan bagaimana mengurus dan mengatur serta mengendalikan dari pengumpulan sampah hingga membuang ke TPA tetapi berbicara tentang pengelolaan sampah adalah suatu sistem yang dibangun dari Pemda bagaimana sampah itu menjadi sumber uang. Terkait dengan pengendalian apabila masyarakat sadar akan bahaya sampah maka mereka bisa buang langsung ke TPA tanpa intervensi dari pemerintah tetapi yang perlu digodok bersama tentang Pengelolaan Sampah sehingga Pemda Nabire lebih fokus mendirikan BUMD tentang pengelolaan sampah.”

Fran berkomentar, “Pimpinan harus jadi panutan. Hebat Pak Bupati. Nabire sudah mulai berubah dari kota sampah tadinya. Dinas Kebersihan mulai perbanyak spanduk atau baleho yang mengajak masyarakat untuk menjaga kebersihan kota.” [Tim]

By admin

Leave a Reply

Your email address will not be published.