Nabirekab.go.id — Bupati Kab. Nabire Mesak Magai, S.Sos.,M.Si pada peringatakan Hari Peduli Sampah Nasional (HPSN) Tahun 2022 yang digelar dalam sebuah Apel pada Kamis, 24 Februari 2022 di halaman Kantor Bupati Nabire mengajak kepada semua pihak di Kabupaten Nabire untuk membuat aksi nyata atasi sampah.

“Pada peringatakan Hari Peduli Sampah Nasional Tahun 2022 ini, saya ingin mengajak kepada semua pihak, baik ASN, TNI/Polri, mahasiswa, pelajar dan masyarakat umum, mari kita membuat aksi nyata atasi sampah,” pintanya.

Apel tersebut dihadiri Kepala Dinas Kehutanan dan Lingkungan Hidup Provinsi Papua, Forkopimda Nabire, Pejabat Eselon II dan III, di lingkungan pemerintah kabupaten Nabire, Komandan Denszipur 12 / OHH, serta sejumlah tamu dan undangan.
Dikatakan Bupati Mesak, peringatan Hari Peduli Sampah Nasional yang diperingati setiap tanggal 21 Februari dapat mengingatkan kita semua bahwa persoalan sampah, harus menjadi perhatian utama, di mana upaya penanganannya melibatkan seluruh komponen yang meliputi pemerintah, akademisi aktivis, komunitas, dunia usaha, asosiasi profesional dan bahkan individual.

“Sampah bersumber dari segala tempat, terutama rumah tangga, industri, pasar-pasar dan dari berbagai aktivitas manusia lainnya. Sampah menjadi persoalan yang sangat serius sehingga melibatkan seluruh komponen masyarakat.”
Bupati Mesak mengajak, “Kita semua berkolaborasi membangun pengelolaan sampah yang lebih baik melalui berbagai upaya, di antaranya:

1. Meningkatkan kesadaran dan kepedulian seluruh steak holder terhadap pemilahan sampah;
2. Memperkuat komitmen untuk melaksanakan aksi lokal adaptasi dan mitigasi perubahan iklim secara local; dan
3. Memperkuat peran pemerintah, masyarakat dan pihak terkait lainnya, dalam pengelolaan sampah yang komprehensif untuk memperkuat aksi nyata pengendalian sampah.

Dalam apel tersebut juga di serahkan piala dan uang pembinaan bagi pemenang peserta lomba kebersihan dan keindahan sekolah baik di Tingkat SD, SMP, dan SMA. Juga piala tetap dan piala bergilir bagi pemenang peserta lomba ECO OFFICE
Setelah Apel, acara dilanjutkan dengan kegiatan edukasi pengelolaan sampah bagi masyarakat di Kabupaten Nabire yang dilaksanakan oleh pusat pengendalian pembangunan ekoregion Papua di halaman kantor cabang dinas kehutanan dan lingkungan hidup Nabire. ***

 9 total views,  1 views today

By admin

Leave a Reply

Your email address will not be published.