NABIREKAB.GO.ID – Senin (11/7/22), mahasiswa asal Kabupaten Nabire Kota Studi Jayapura menggelar aksi demo damai ke Kantor DPRD Nabire untuk meminta Pemerintah Kabupaten Nabire membangun tiga asrama di Jayapura. Berkenaan dengan permintaan tersebut, Bupati Nabire, Mesak Magai, S.Sos, M.Si, mengatakan, dari tiga asrama mahasiswa tersebut, satu asrama dibangun di tahun 2022 ini dan dua lainnya diprogramkan di tahun depan.

“Saya menyampaikan terima kasih kepada ade-ade mahasiswa karena dengan demo ini, saya dapat menjelaskan program kerjanya di bidang pendidikan. Soal asrama, saat saya terpilih menjadi bupati, saya sudah perintahkan untuk dialokasikan dari Otsus untuk membangun asrama mahasiswa Nabire di Kamkey Kota Jayapura yang dulu pernah terbakar. Jadi, sudah dianggarkan dan ini dalam proses lelang dan akan dibangun Asrama Kamkey dalam tahun 2022 ini juga, termasuk perabotan akan dilengkapi untuk pendidikan,” kata Bupati Mesak menjawab tuntutan mahasiswa tersebut.
Dijelaskan Bupati Mesak, “Untuk asrama di Padang Bulan dan asrama putri di Perumnas I Waena, pada tahun depan kita alokasikan melalui dana Otsus,” jelas Bupati Mesak disambut tepuk tangan para mahasiswa.

“Jadi, ade-ade, saya sampaikan bahwa, saat saya menjadi anggota DPRP, saya sudah kunjungi. Saya sudah tahu bahwa asrama itu perlu dibangun. Saya ingin tiga-tiganya dibangun tahun ini tetapi anggaran belum mencukupi sehingga kita prioritasnya satu dulu,” kata Bupati Mesak.

Bupati Mesak menjelaskan, “Kabupaten Nabire ini penduduk asli ada 9 suku, yakni 6 suku dari pesisir dan 3 suku dari pegunungan. Jadi, asrama putra di Kamkey akan ditempati oleh anak-anak dari wilayah pegunungan. Jangan hanya dimonopoli oleh suku tertentu saja. Harus adil.”

asrama putra yang berada di Padang Bulan, akan ditempati anak-anak dari 6 suku pesisir. (Tim Dinas Kominfo).

By admin

Leave a Reply

Your email address will not be published.