Kelautan & Perikanan

Perikanan dan Kelautan
Kabupaten Nabire memiliki luas perairan laut  7.242,93 km2 dengan garis pantai sepanjang 609,6 km, memiliki peluang untuk dimanfaatkan sebagai kegiatan penangkapan dan budidaya ikan wilayah pesisir. Di wilayah perairan laut Nabire tersebar sejumlah pulau kecil dengan rincian sebagai berikut :
1. Pulau berpenghuni orang : 8 pulau
2. Pulau yang tidak berpenghuni orang : 17 pulau
Dari 25 pulau-pulau kecil tersebut yang sudah bernama sebanyak 22 pulau dan yang belum bernama 3 pulau. Keberadaan pulau-pulau tersebut merupakan tempat yang sangat stategis terutama bagi para nelayan yang sedang melaut sebagai tempat persinggahan/berlindung bilamana terjadi kondisi cuaca di laut yang buruk.
Disamping berpotensi disekitar perikanan laut, wilayah Kabupaten Nabire juga memiliki potensi pengembangan budidaya air tawar seluas  52.386 Ha. Dari potensi lahan tersebut masing-masing, kolam seluas 2.105,7 Ha dan air payau 67 Ha (data tahun 2007). Dari luas areal perikanan tersebut, produksi yang dihasilkan adalah :

pdk 37

Berdasarkan tabel diatas maka produksi ikan tahun 2011 mengalami kenaikan sebesar 359,6 ton. Produksi ikan tersebut masih terbatas pada pemenuhan kebutuhan konsumsi masyarakat Kabupaten Nabire.
Pengiriman produksi ikan segar keluar daerah Nabire belum dapat dilaksanakan karena keterbatasan produksi dan belum adanya investor yang membuka perusahaan di bidang perikanan. Yang baru dapat diantarpulaukan adalah produksi hasil laut yang telah diolah dengan jumlah yang relatif terbatas.
Dalam tahun 2011 produksi olahan hasil laut yang diantarpulaukan adalah :

pdk 38

Salah satu faktor yang mempengaruhi perkembangan produksi perikanan adalah jumlah masyarakat yang berprofesi di sektor perikanan dan jenis peralatan yang digunakan.
Untuk mengetahui jumlah masyarakat yang berprofesi sebagai pembudidaya ikan dan nelayan tercantum pada tabel berikut ini :

pdk 39

Dari tabel tersebut di atas, nampak bahwa pada tahun 2011 terjadi kenaikan jumlah pembudidaya ikan dan nelayan sebesar 35 orang.
Kemudian mengenai harga komoditas perikanan di pasar yang ada di Nabire sangat tergantung dari jumlah produksi dan konsumen pada saat itu. Namun sebagai gambaran secara umum harga komoditas perikanan sebagaimana pada tabel berikut :

pdk 40

Sarana penangkapan dan alat tangkap yang digunakan nelayan meliputi :

pdk 41

Leave a Comment

*

code