Pendidikan

Pendidikan
Pendidikan merupakan salah satu bidang dari lima bidang pembangunan yang yang mendapat perhatian penting Pemerintah Daerah Kabupaten Nabire dalam rangka meningkatkan kualitas sumber daya manusia di daerah ini. Salah satu cara untuk mengetahui kualitas tingkat pendidikan masyarakat adalah dengan mengetahui seberapa besar angka partisipasi pendidikan pada setiap jenjang pendidikan.
Angka partisipasi Pendidikan Dasar dan Menengah di Kabupaten Nabire tahun 2011 belum didapatkan sehingga masih menggunakan data tahun 2009 yaitu :
1. Taman Kanak-kanak (TK)
Angka Partisipasi Kasar (APK) : 62,35 %
Angka Partisipasi Murni (APM) : 36,18%
2. Pendidikan Dasar (SD dab SMP)
a. SD/MI : – Angka Partisipasi Kasar (APK) : 160,92%
– Angka Partisipasi Murni (APM) : 127,45%
b. SMP/MTs : – Angka Partisipasi Kasar (APK) : 196,34%
– Angka Partisipasi Murni (APM) : 63,66%
3. Pendidikan Menengah
a. SMA
– Angka Partisipasi Kasar (APK) : 58,92%
– Angka Partisipasi Murni (APM) : 40,83%
b. SMK
– Angka Partisipasi Kasar (APK) : 62,35%
– Angka Partisipasi Murni (APM) : 36,18%
Untuk jumlah gedung dan ruangan sekolah masih menggunakan data tahun 2009, seperti pada tabel berikut ini :

pendk 58

Sarana pendidikan lainnya yang tidak kalah pentingnya guna mendukung peningkatan kualitas pendidikan adalah perpustakaan, laboratorium dan fasilitas olahraga. Sarana ini belum sepenuhnya dimiliki oleh setiap sekolah. Berdasarkan data yang diperoleh dari Dinas Pendidikan dan Pengajaran Kabupaten Nabire tahun 2009 hanya sebagian kecil sekolah yang telah memiliki sarana pendukung sebagaimana Tabel di bawah ini :

pendk 59

Jumlah dan jenis buku yang ada di Kantor Perpustakaan Kabupaten Nabire masih menggunakan data tahun 2009, adapun jenis dan Jumlah buku sebagai berikut :

pendikn 60

Keberadaan buku pada Perpustakaan Daerah tersebut sangat membantu masyarakat khususnya pelajar dan mahasiswa dalam menemukan bahan/materi pelajaran yang diperlukan dengan cara membaca atau meminjam buku yang ada.
Pengunjung perpustakaan daerah berjumlah 598 Orang, data ini masih mengacu pada tahun 2009, seperti pada tabel berikut ini :

pendik 61

Berdasarkan Tabel tersebut diatas nampak bahwa pengunjung perpustakaan masih didominasi oleh mahasiswa. Dengan demikian perlu adanya upaya peningkatan minat baca terutama dikalangan para pelajar melalui kunjungan keperpustakaan yang ada.
Guna menyediakan buku-buku pelajaran dari tingkat SD sampai tingkat Perguruan Tinggi, di Nabire terdapat 4 Toko Buku masing-masing :
1. Toko Buku Gunung Moria : Jl. Merdeka Nabire
2. Toko Buku Rahmat : Jl. Merdeka Nabire
3. Toko Buku Youth Center : Jl. Ahmad Yani
4. Toko Buku Cantika : Jl. Merdeka Nabire

Jumlah siswa/mahasiswa dan pendidik dari masing-masing tingkat pendidikan, data masih tahun 2009 adalah sebagai berikut :

pendik 62

Khusus mengenai Perguruan Tinggi yang ada di Kabupaten Nabire dapat dirincikan masing-masing sebagai berikut:

pendik 63

Sedangkan jumlah kelulusan siswa/siswi dari tingkat TK sampai dengan SLTA seperti pada tabel berikut :

pendik 64

Untuk memberi solusi terhadap mereka yang putus sekolah atau tidak sempat mengikuti pendidikan formal di sekolah, pemerintah membuka kursus/pelatihan pendidikan luar sekolah dengan tingkat Paket A, Paket B dan Paket C yang disetarakan dengan SD, SLTP dan SLTA. Jumlah peserta dan lokasi kursus sebagaimana Tabel dibawah ini :

pendik 65

Sekalipun pemerintah telah mencanangkan program pendidikan dasar 9 tahun, akan tetapi masih banyak anak-anak usia sekolah (7-15 Tahun) yang tidak bersekolah (masih menggunakan data tahun 2009). Hal ini dapat dilihat pada tabel berikut ini :

pendik 66
pendik 66a
Sumber : Kantor Pemberdayaan Perempuan dan KB Kab. Nabire

Berdasarkan data diatas maka dari seluruh anak usia sekolah (7-15 tahun) sebanyak 28.523 usia anak sekolah, 20.184 usia anak sekolah sedangkan 8.339 usia anak tidak bersekolah. Kondisi ini memerlukan perhatian dan penanganan yang lebih optimal guna menekan jumlah anak usia sekolah yang tidak bersekolah.

Leave a Comment

*

code