Hiu Paus Kwatisore

kwatisore hiu 1

 Spanish            : Tiburón Ballena

Indonesia        : Hiu Paus

Papua              : Gurano Bintang

Yaur                : Hinio Tanibre

 

 

 

Taxonomi


Kingdom         :  Animalia

Phyllum           :  Chordata

Class                :  Chondrichthyes

Order               :  Orectolobiformes

Family             :  Rhincodontidae

Genus/species  : Rhincodon typus

 

Deskripsi

Hiu paus adalah spesies ikan yang terbesar dan bukanlah paus. Hiu ini diduga dapat tumbuh sampai 18-20 m, walaupun sangat jarang ditemukan spesimen yang berukuran di atas 12 m dengan bobot 20 ton. Walaupun ukurannya besar, hiu ini cenderung jinak dan tidak berbahaya untuk manusia.

 

Memiliki kulit setebal 2 mm yang berwarna abu-abu yang dihiasi totol-totol putih. Menurut para ilmuwan, pola totol-totol itu dianggap unik untuk masing-masing individu dan dapat digunakan sebagai dasar identifikasi individu hiu paus.

 

Distribusi dan Habitat

Hiu paus dapat ditemui di perairan tropis dan subtropis yang hangat (18-30ºC) kecuali di Laut Mediterrania. Hiu paus biasa bermigrasi. Ada dugaan bahwa individu-individu hiu paus yang ditemui di Ningaloo Reef, Australia bermigrasi ke Filipina melalui Indonesia.

 

Di Indonesia, hiu paus ditemui di perairan Sabang, Situbondo, Bali, Nusa Tenggara, Alor, Flores, Sulawesi Utara, Maluku, dan Papua. Di daerah Probolinggo, Jawa Timur kehadirannya bersifat musiman (Januari-Maret), sementara di Kwatisore, Teluk Cenderawasih, Papua yang termasuk dalam kawasan Taman Nasional Teluk Cenderawasih (TNTC) hiu paus diduga hadir sepanjang tahun.

(Sumber: WWF Indonesia)

Untuk dapat menikmati sensasi menyelam bersama Hiu Paus, pengunjung dapat mendatangi spot tempat bisa ditemukannya Hiu Paus melalui Kab. Nabire.
Untuk lebih mudahnya dapat menghubungi Pihak Penyedia resort dan layanan perjalanan ke lokasi Teluk Cenderawasih, Kwatisore distrik Yaur yakni :

Nabire Whale Shark Expedition ~ where the simpleness meet the adventure ~
Nabire Whale Shark Expedition
~ where the simpleness meet the adventure ~

Leave a Comment

*

code