Upacara Hari Bela Negara Kab. Nabire : “Indonesia Tanah Air Tercinta kan Ku Bela Sepanjang Masa.”

bela1Nabirekab.go.id – Sekretaris Daerah Kab. Nabire, Drs. Johny Pasande bertindak sebagai Inspektur Upacara dalam Upacara Memperingati Hari Bela Negara pada Jumat 19/12 lalu. Bertempat di halaman kantor Bupati Nabire, Upacara yang diselenggarakan oleh Pemda Nabire dalam hal ini Badan Kesatuan Bangsa, Politik dan Perlindungan Masyarakat sekaligus mensosialisasikan Pencanangan Gerakan Nasional Bela Negara tahun 2014 yang mengambil tema : “Indonesia Tanah Air Tercinta kan Ku Bela Sepanjang Masa.”

Dalam upacara tersebut Sekda Nabire membacakan amanat Presiden Republik Indonesia Joko Widodo. Dalam amanat tersebut disampaikan bahwa kita semua berhak dan wajib ikut serta dalam usaha pertahanan dan keamanan Negara, amanat konstitusi ini tentu saja sudah lahir dalam ruang kosong namun berasal dari sejarah perjuangan bangsa, Indonesia bisa berdiri tegak sebagai bangsa yang berdaulat tidak lepas dari seluruh kekuatan rakyat, mulai dari petani, nelayan dan elemen rakyat lainnya untuk membela tanah air, terbukti pada sejarah tepatnya pada 66 tahun yang lalu pada tanggal 19 Desember 1948 pada saat agresi Militer Belanda yang ke 2. Membela Negara tidak hanya dilakukan  Militer dengan kekuatan senjata, tapi juga dilakukan setiap warga Negara dengan kesadarannya melalui bukan militer seperti politik maupun diplomasi.

bela2

bela3

Lebih lanjut diungkapkan bahwa Presiden Joko Widodo ingin mengajak seluruh rakyat Indonesia belajar dari sejarah perjuangan bangsa untuk menatap masa depan. Saat ini tantangan dan ancaman  terhadap kedaulatan bangsa sifatnya masih multidimensi. Baginya upaya untuk melawan pencurian ikan diperairan Indonesia adalah tindakan Bela Negara.

Upacara ini diikuti oleh ratusan peserta dari elemen TNI/POLRI, PNS, Laskar Merah Putih Sebagai Ormas Masyarakat, Satuan Polisi Pamong Praja, dan elemen masyarakat lainnya.

Dalam kesempatan yang sama pula diadakan acara penutupan Pendidikan dan pelatihan Dasar Polisi Pamong Praja Angkatan Pertama Kab. Nabire. Kegiatan Diklat Dasar Pol PP yang berlangsung semenjak 8 Desember 2014 ini pun berakhir pada 19 Desember 2014 ini.

bela4

Pelepasan tanda peserta pelatihan bagi perwakilan dari peserta diklat secara simbolis oleh Sekda Nabire menjadi tanda diakhirinya secara resmi kegiatan Pelatihan tersebut.

Acara diakhiri dengan Foto bersama dan saling berjabat tangan antara Tim Instruktur dan Peserta Diklat Pol PP.

bela5 bela6 bela7

Leave a Comment