Nabirekab.gp.id – Pemerintah Kabupaten Nabire, Papua, akan menyiapkan sejumlah destinasi wisata unggulan untuk mendukung pelaksanaan Sail Teluk Cenderawasih 2023.

Pelaksana tugas Kepala Dinas Kebudayaan Pariwisata dan Pemuda Olahraga Nabire, Martina Deba di Biak, Jumat, mengatakan, Kabupaten Nabire memiliki pemandangan alam yang memesona dan keunikan yang menarik di objek wisata bahari, alam, dan budaya.

“Salah satu wisata andalan yang diminati wisatawan adalah berenang bersama hiu paus atau Rhincodon typicus di perairan Kwatisore, Teluk Cenderawasih, Kabupaten Nabire,” ujarnya seperti dikutip Antara.

Martina mengatakan, wisata hiu paus di Kwatisore juga dikembangkan sebagai ekoturisme atau wisata alam berkelanjutan.

Paket wisata hiu paus di perairan Kwatisore,menurut Martna, dilakukan operator wisata yang telah mengantongi izin dari Balai Besar Taman Nasional Teluk Cenderawasih.

“Taman Nasional Teluk Cendrawasih alternatif tempat wisata bahari yang sangat menakjubkan karena di dalamnya terdapat berbagai jenis karang, ikan serta biota laut lainnya yang menjadi daya tarik wisatawan,”katanya.

Di kawasan Taman Nasional Teluk Cenderawasih terdapat gugusan pulau-pulau kecil berpasir putih seperti pulau Moor, pulau Mambor, pulau Ahe, Pulau Babi, Pulau Hariti, pulau Papaya, pulau Nuburi, Pulau Nutaburi, Pulau Mangga, Mulau umbur, Pulau Nuhmarau dan pulau Anggarameos.

Kabupaten Nabire juga memiliki objek wisata pantai Gedo,Yamari,Nusi,MAF,Irio serta objek wisata alam danau yang Mamae yang terletak di distrik teluk kimi Nabire.

“Nabire juga punya objek wisata air terjun Bihewa dan wisata budaya yang menjadi destinasi wisata untuk mendukung Sail Teluk Cenderawasih,”ujranya. (Antara/Nabirekab.go.id)

By admin

Leave a Reply

Your email address will not be published.