Kunjungan Kapolda Papua bersama Pangdam XVII Cenderawasih dan Komisioner KPU Prov. Papua Warnai Pembukaan Masa Kampanye Terbuka Pilkada Nabire.

Nabirekab.go.id – Senin (23/11/2015) silam, Penjabat Bupati Nabire Sendius Wonda, SH. M.Si menerima kedatangan rombongan Kapolda Papua, Inspektur Jendral Polisi Drs. Paulus Waterpauw beserta Pangdam XVII Cenderawasih Mayjen TNI Hinsa Siburian dan juga Komisioner KPU Provinsi Papua, Bpk Musa Yoseph Sombuk. Dalam penyambutan rombongan tersebut di Bandara Udara Nabire, Penjabat Bupati Nabire  didampingi oleh Kapolres Nabire, AKBP H.R. Situmeang,  Pasi Ops Korem 173/PVB Kolonel Inf Rudi J Runtuwene, Jajaran Forkopimda Kab. Nabire beserta tokoh masyarakat dan Tokoh Adat Kabupaten Nabire.

Selepas dari Bandara, rombongan langsung menuju ke lapangan Taman Gizi Nabire untuk menghadiri acara Pembukaan Kampanye Terbuka Pilkada Nabire sekaligus Konvoi Damai para calon Bupati dan Wakil Bupati Kab. Nabire.

Dalam lawatannya ke Nabire, Kapolda Papua beserta rombongan bertujuan untuk mengecek kesiapan situasi, kondisi pelaksanaan tahapan pilkada serta pengamanan Pemilihan Kepala Daerah Bupati dan Wakil Bupati.

buka2 buka1

Dalam arahannya Komisioner KPU Prov Papua, Musa Y. Sombuk yang mewakili Ketua KPU Papua mengungkapkan bahwa Kab. Nabire mendapat perhatian khusus karena peserta pilkada atau kandidat Cabup dan cawabup tergolong banyak, sehingga cara mengelolanya juga tentu berbeda. Namun pada dasarnya Pemilu itu bisa sukses itu ada 3 Komponen penting yakni : Pemilih, Peserta (Pasangan Kandidat) dan yang ketiga adalah penyelenggara. Kalau ketiganya siap, maka pelaksanaan pemilu akan sukses. Satu hal penting yang disampaikan kepada para kandidat agar mampu menertibkan kedalam, internal pendukungnya sendiri, maka ketertiban secara umum akan terdampak luas.

Sementara itu, saat berbicara di hadapan para Peserta Pilkada Nabire, Calon Bupati dan calon wakil Bupati beserta para pendukung, Kapolda Papua menyampaikan bahwa kedatangan mereka ke Nabire adalah untuk melihat dan bertemu secara langsung dengan Penyelenggara Pesta Demokrasi di Kab. Nabire ini yakni KPUD Nabire beserta Bawaslu Nabire, juga bertatap muka dengan orang-orang hebat pembangun tanah ini yakni kandidat cabup dan cawabup mulai dari nomor urut 1 hingga 8. Selain itu mereka juga ingin melihat secara langsung kondisi masyarakat yang menjadi pemilih dalam perhelatan demokrasi ini.

Lebih lanjut dipaparkan, Penyelenggara Pemilu yaitu Komisi Pemilihan Umum dalam menyelenggarakan pemilu, menggandeng keamanan. Keamanan disini merupakan tugas utama Kepolisian Negara yang hadir berdasarkan Undang-undang. Ketika kepolisian hadir, maka teman-teman dari TNI akan ikut serta atas permintaan dari Kepolisian. Harapannya situasi yang aman dan kondusif seperti yang terlihat saat ini akan terus bertahan dan tercapai pada tanggal 9 Desember kelak. Senada dengan Kapolda Papua, Hinsa Siburian selaku Pangdam XVII Cenderawasih menuturkan kesiapan personel TNI dalam mendukung Polri guna mengamankan seluruh tahapan pelaksanaan Pemilukada Nabire.

buka5buka6