Nabirekab.go.id – Bupati Nabire, Mesak Magai, S.Sos., M.Si mengatakan, Nabire memiliki banyak potensi kekayaan alam dari semua sektor. Salah satu sector adalah pariwisata, misalnya potensi wisata Hiu Paus.

“Nabire ini banyak potensi kekayaan di lihat dari semua aspek. Di bidang wisata juga banyak, salah satunya adalah Hiu Paus. Hiu Paus ini jika kita kelola dengan baik maka akan mendunia, karena sekarang saja sudah banyak wisatawan asing yang sering datang,” kata Bupati Mesak kepada Nabire Hebat, April 2022.

“Karena itu, saya minta agar kita serius kelola ini. Saya mau wisata hiu paus harus mendunia sehingga berakibat pada peningkatan Pendapatan Asli Daerah dan pendapatan masyarakat sekitar. Dinas teknis, Bappeda, kepala distrik, kepala kampung harus serius kelola ini. Gandeng perguruan tinggi yang ada untuk mengelola ini ke depan,” pinta Bupati .

Kata Mesak, saya telah mendengar bahwa pada tahun 2021, Fakultas Perikanan dan Kelautan, Universitas Satya Wiyata Mandala (Uswim) Nabire mengundang berbagai pihak guna membahas regulasi dalam penanganan ekowisata Hiu Paus di Perairan Kwarirose, Distrik Yaur, Nabire, Papua.

“Saya mau segera tindak lanjuti apa yang telah dibicarakan tersebut. Karena Hiu Paus adalah salah satu ikon Nabire saat ini dan ke depannya. Sehingga butuh model pengelolaan yang lebih baik,” harap Bupati.

“Kita kelola maksimal agar masuknya satu pintu lewat pemerintah. Selama ini beberapa kapal wisatawan yang masuk kita tidak ketahui, baik oleh masyarakat dan pemerintah. Ini harus kita control agar dapat memberdayakan masyarakat lokal dan peningkatkan Pendapatan Asli Daerah (PAD). Kita perlu perkuat regulasi daerah, perlu juga ada regulasi dari kampung. ***

By admin

Leave a Reply

Your email address will not be published.