NABIREKAB.GO.ID – Janji Bupati Nabire, Mesak Magai, S.Sos, M.Si., pada 30 Desember 2021 lalu untuk menggelorakan semangat sepak bola di Kabupaten Nabire benar-benar mulai diwujudkannya. Mengapa? Bupati Mesak menggelar Bupati Cup I 2022 dan sebanyak 36 klub sepak bola di wilayah Meepago telah berlaga dan kini Persinab telah resmi berlaga di liga 3 zona Papua. Dan, bagaimana perkembangan Persinab ke depan?

Menggelar Bupati Cup I

Bupati Cup yang resmi dibuka oleh Bupati Nabire di lapangan Sapta Marga Kodim 1705, Nabire, Sabtu (5/3/22) dengn disaksikan langsung oleh empat tamu istimewa, yaitu Bupati Biak Numfor, Bupati Puncak Jaya, Bupati Waropen dan Wakil Bupati Deiyai, serta ratusan legenda sepakbola yang pernah malang melintang di kasta sepakbola nasional baik amatir dan professional, serta anggota Forkopimda, Sekda Nabire, para pimpinan OPD, KONI Kabupaten Nabire, dan ribuan orang itu bukanlah tujuan utama bagi Bupati Mesak.

Bagi Bupati Mesak, Bupati Cup Tahun I 2022 adalah sarana atau ajang untuk seleksi pemain untuk hidupkan Persinab di kanca sepak bola Papua dan Nasional. “Saya sudah daftarkan kembali Persinab Nabire ke Asosiasi Provinsi PSSI Papua. Bupati Cup Tahun I 2022 bertujuan meningkatkan prestasi sepak bola dan memacu semangat para pemain dari seluruh klub dalam rangka mengasah mutu atlet sepak bola di masa akan datang. Ini adalah lahirnya bibit-bibit potensial untuk mamajukan Persinab ke depan, sekaligus membuka peluang lapangan kerja bagi para atlit di bidang olahraga sepak bola,” kata Bupati Mesak ketika Bupati Cup Tahun I 2022 ketika itu.

Ketika itu, Bupati juga menegaskan bahwa hanya melalui upaya mengasah minat dan bakat lapangan kerja tercipta. Bupati juga menegaskan bahwa Persinab Nabire mendapatkan kesempatan yang sama dengan tim daerah lain untuk berlaga di Liga III.

Liga 3 Zona Papua

Apa yang dikatakan Bupati Mesak pada tahun 2021 telah diwujudkanbnya dengan proses yang tidak mudah. Kini Persinab Nabire, telah secara resmi mengikuti kompetisi Liga 3 Zona Papua bersama tujuh klub sepak bola dari tujuh kabupaten di Papua . Kompetisi itu dibuka secara resmi oleh Wakil Ketua Asprov PSSI Papua, Rocky Bebena di Stadion Barnabas Youwe, Sentani, Kabupaten Jayapura, Rabu (28/9/2022) lalu.

Sejumlah tujuh klub sepak bola yang mengikuti kompetisi Liga 3 Zona Papua adalah juara bertahan Toli FC dari Tolikara, Persidafon Dafonsoro dari Kabupaten Jayapura, Persipani Paniai, Persinab Nabire, Persintan Intan Jaya, PS Embun Supiori, dan Waanal Brothers FC dari Kabupaten Mimika.

Ketua Asprov PSSI Papua, Benhur Tomi Mano di sela pembukaan kompetisi Liga 3 Zona Papua menyatakan, “Kompetisi itu [akan] melihat pemain muda berbakat, berskill bagus, untuk dipersiapkan [mengikuti] Pekan Olahraga Nasional atau PON di Medan dan Aceh. [Mari semua peserta] meningkatkan fairplay dan kebersamaan karena Papua adalah gudang sepak bola,” kata Mano dirilis sejumlah media.

Ketua Panitia Liga 3 Papua 2022, Malhai Mabel mengatakan jumlah klub yang mengikuti kompetisi kasta ketiga itu pada musim lalu mencapai sembilan klub. Sementara jumlah klub yang bersaing dalam Liga 3 Zona Papua 2022 hanya tujuh klub.

Menurut Mabel, kompetisi bergulir hingga 15 Oktober 2022. Ketujuh klub ini bertanding di Stadion Barnabas Youwe, Sentani, ibu kota Kabupaten Jayapura, dan Stadion Mandala di Kota Jayapura.

Mabel menjelaskan izin yang diterbitkan polisi tidak mengizinkan penyelenggaran untuk menghadirkan penonton dalam pertandingan Liga 3 Zona Papua. Ia meminta klub kontestan untuk tidak mengajak para suporter atau pendukungnya datang ke stadion.

Kompetisi Liga 3 Zona Papua tahun ini menggunakan format kompetisi penuh. Semua tim akan saling berhadapan untuk memperebutkan satu tiket untuk bersaing di zona nasional.

Pada kompetisi Liga 3 Zona Papua musim lalu, Toli FC meraih gelar juara. Posisi runner up ditempati oleh klub Persigubin Pegunungan Bintang. Kedua tim tersebut berkesempatan mewakili Papua dan bertanding ke zona nasional. Sayangnya, kedua tim sama-sama gagal naik kelas ke Liga 2.

Diketahui, Liga 3 2022–2023 adalah edisi kelima dari musim Liga 3 di bawah nama saat ini dan edisi keenam di bawah struktur liga saat ini.

Diselenggarakan oleh Asosiasi Provinsi PSSI untuk putaran provinsi dan PSSI pusat untuk putaran nasional. Tim yang lolos babak 8 besar Liga 3 berhak promosi ke Liga 2 2023. Karo United FC merupakan juara di musim sebelumnya.

Urusan Menang Nanti, yang Penting Berlaga

Apresiasi dan dukungan menghiasi media sosial selama tim kebanggaan warga Nabire ini bertanding di di Liga 3 tahun 2022. Beragam komentar baik berupa dukungan kepada tim maupun apresiasi kepada Bupati Mesak disampaikan.

“Menang urusan nanti, yang penting mereka bertanding. Kita sudah lama tunggu potensi sepala bola Nabire bangkit. Saatnya kita dukung. Bravo Persinab,” kata Amos di salah satu acun Twitter.

Akun facebook berama Yosias menulis, “Pak Mesak andalan. Kami mendukungmu, pelan dan pasti majukan sepak bola Nabire. Selama ini banyak pemain tapi kesempatan tidak ada. Ini kesempatannya bangkit terus Nabire. Nabire hebat!”

Dalam sebuah obrolan di sejumlah WAG, Matias misalnya mengatakan, “Kami bangga Persinab berlaga di Liga 3 Papua. Itu mimpi lama pecinta sepak bola. Soal menang dan kalah urusan nanti. Yang penting kita bangga.”

“Benar sodara Matias, yang penting kita bangga. Soal menang itu proses. Namanya saja baru mulai bangkit. Kami dukung dan Persinab pasti bisa. Kami doakan Pak Bupati Mesak,” kata Juan.

Aneka komentar disampaikan pada intingnya menunjukkan kebanggaan dan dukungan kepada tim Pesinab dan apresiasi kepada Bupati Nabire Mesak Magai, S.Sos., M.Si.

Skuad Persinab Nabire

Penjaga Gawang:
Moh. Masdal, Simson Aduari, Libanon Beidobak.

Belakang:
Sadrak Kegou, Alsafat Zagani, Wilson Waromi,
Kris Rumbino, Bentitus Kotouki, Amunsen Mote,
Yulianus Woru, Richardo Tabuni.

Gelandang:
Eduard Rocky Mandosir, Hanveri Marlisa,
Rahmat Ola, Moh. Agus Rinaldi, Yan Piter Wami,
Jibil Fonataba.

Striker:
Yopan Musendi, Calvin Robaha, Kirul Fari,
Maikel You, Leo Torei, Frans Kegou.

Pelatih: Izaac Wanggai (Head Coach)
Yahya Sosomar (Ass. Coach)
Wilson Aleng (Coach Kiper)
Ketua Umum: Mesak Magai
Pelindung Penasehat: Yus Baminggen
Manager: Peter Worabay
Sekretaris: Benny Erari
Wakil Sekretaris: Maurits Wenggi
Bendahara: Anthonius Wambrauw

Bagaimana Persinab Nabire ke depan?

Bupati Nabire, Mesak Magai menegaskan bahwa pihaknya akan terus mendorong Persinab agar dapat membanggakan rakyat Nabire.

“Saya sudah komitmen kembangkan Persinab ini agar menjadi komitmen bersama, seluruh rakyat di Nabire. Saya mohon dukungan dari rakyat Nabire, dunia usaha, dan semua pihak agar Persinab membanggakan kita semua dan menjadi kebanggaan kita semua,” kata Bupati Mesak.
[Tim Dinkominfo Nabire]

 5 total views,  1 views today

By admin

Leave a Reply

Your email address will not be published.