PELATIHAN DASAR KOMPUTER DAN INTERNET BAGI APARAT KAMPUNG DAN MASYARAKAT NABIRE

Nabirekab- Kegiatan pelatihan dasar komputer dan internet bagi aparat kampung dan masyarakat Nabire, dilaksanakan pada tanggal 04 November 2020, bertempat di aula ruang rapat setda, yang diawali dengan pembukaan pada pukul 09:30 WIT, yang dibuka langsung oleh Kepala Dinas Kominfo yaitu Bapak Suwardi yang mewakili Bupati Nabire. Dan Bapak Ibu dari Dinas kominfo yang turut hadir mempersiapkan kegiatan ini dibantu juga dengan siswa/i SMKN 1 NABIRE yang sedang praktek di Dinas Kominfo.

Pelatihan ini akan diadakan selama 3 hari mulai dari tanggal 04 November 2020 sampai tanggal 06 November 2020.

Kegiatan ini di ikuti peserta dari 3 Distrik di Nabire ;

1 . Distrik Uwapa

2 . Distrik Yaro

3 . Distrik Moora

Dihadiri langsung dengan Narasumber dari SMKN 1 NABIRE, Ibu Deby Siska Bogar sebagai guru Jurusan Informatika di SMKN 1.

Setelah pembukaan kemudian istirahat dan seusai istirahat dilanjutkan lagi dengan materi yang disampaikan langsung oleh Narasumber Ibu Deby, sesuai judul latihan Dasar Komputer, Peralatan yang digunakan sudah disediakan langsung dari Dinas Kominfo, Materi yang disampaikan pun dari dasar, dari bagaimana cara menghidupkan komputer, mengenali apa saja yang ada dikomputer bagaimana cara memakai nya, mengenal lebih dalam bagaimana komputer bisa bekerja, dan istilah-istilah khusus yang ada dalam komputer.

Setelah mengenal apa saja yang ada dikomputer, dilanjutkan lagi dengan pengenalan aplikasi apa saja yang digunakan untuk membuat surat, membuat data dan lain sebagainya.

Kemudian ada Materi yang telah diberikan dari panitia untuk seluruh peserta, materi tersebut berupa surat, jadi mereka disuruh membuat surat, dan pastinya yang menyampaikan materi selalu membimbing para peserta dari dasar, jadi aplikasi apa yang digunakan untuk mengetik/membuat surat yaitu aplikasi word,

kemudian para peserta disuruh membuka aplikasi tersebut tidak lupa juga dibimbing dari Narasumber dari tampilan layar proyektor yang telah disediakan panitia, kemudian para peserta disuruh mengetik keseluruhan sesuai materi yang telah dikasih dari panitia, untuk selanjutnya akan dibimbing oleh Narasumber, dari cara membuat garis, mengganti ukuran huruf, mengganti gaya huruf, dan lain sebagainya, sampai selesai.

Kegiatan pada hari ini berakhir pada pukul 16:30 WIT, dan akan dilanjutkan pada keesokan harinya pada tanggal 05 November 2020 bertempat di tempat yang sama Ruang Rapat Setda.

BAGIAN PENUTUPAN

Kegiatan Pelaksanaan Pelatihan Dasar Komputer dan Internet bagi aparat kampong dan masyarakat Nabire, Tanggal 06 November 2020 Berlangsung untuk kegiatan hari ketiga/ terakhir sekaligus penutupan.

Untuk mrnyampaikan Materi pada hari ini disampaikan oleh Bapak Mursalim Daeng Ngalle.

Mewakili Bupati Nabire  secara resmi Kepala Dinas Kominfo Suardi melakukan penutupan pelatihan. Dihadiri oleh peserta kegiatan  pelatihan berjumlah 30 orang, Terdiri dari masyarakat dan aparat kampong argo mulyo Distrik Uwapa sebanyak 10 orang, masyarakat dan aparat  Kampung Wanggar Pantai Distrik Yaro 10 orang dan masyarakat serta aparat kampung Moora Distrik Moora 10 orang . Juga dihadiri panitia penyelenggaraan.



Sambutan Kepala Dinas Kominfo Suwardi Mengatakan dirinya butuh para peserta pelatihan harus berkembang dengan belajar yang banyak. Karena selama tiga hari ini saja belum puas hanya sebatas pengenalan saja.
Sebagai bahan evaluasi bisa menganalog apakah pelatihan ini efektif, oleh sebab itu jasa pelatihan  komputer dan Internet selama 30 hari Biarlah ini sebagai Wacana kedepan memang benar-benar lebih bermanfaat dan lebih evektif lagi , sambil acara sambutan Suwardi Melihat peserta pelatihan untuk menunjukan tentang perkembangan peserta pelatihan dan tidak ada kendala. Namun saja perserta dari masing- masing kampong juga menyuarakan kepada pihak penyelenggara mewakili pemkab Nabire. Mereka mengatakan kalau boleh tolong diperhatikan kami yang berada dikampung dan distrik terpencil. Karena selama ini benar-benar memperihatinkan tentang kondisi akses internet. Jadi kalau bisa kami  masyarakat kampong baik dari Topo, Moor dan Distrik lainnya Tolong diajar kami dikampung. Karna Kami selama ini mengikuti pelatihan di aula pemkab. Kami sudah percaya dan kami rasa cocok juga mengerti setelah diajak oleh pihak Kominfo Nabire serta Dosen Informatika dari USWIM.
Acara Pelatihan dari awal hingga akhir berjalan tertib aman pelayanan snek serta makan dan minum berjalan dengan baik.

Akhir dari penutupan pelatihan peserta pelatihan Tim Penyelengaraa foto bersama. Akhir pesan peserta pelatihan tetap akan diperhatikan oleh pemerintah tinggal menunggu Instruksi Dinas Kominfo Kata pak Suwardi selalu Well come untuk semua masyarakat. Tata tertip BIMPTEK berjalan sesuai protocol kesehatan dan tidak ada kendala bagi para peserta soal fasilitas yang disiapkan oleh pemerintah. Acara berakhir hingga sore dengan cuaca yang aman dan kondusif.

Leave a Comment

*

code