PEMBUKAAN KOMPETISI SEPAK BOLA USIA DINI KELOMPOK UMUR 13-15 TAHUN

Nabirekab.go.id,- Salah satu langkah strategis yang ditempuh dalam mendorong perkembangan dan kemajuan olahraga sepak bola di Nabire, adalah melalui upaya penjaringan dan pembinaan atlit sepak bola guna mendapatkan anak-anak usia dini untuk dilatih dan dibina lebih lanjut sebagai pemain  sepak bola yang berprestasi. Oleh karena itu Pemerintah Kabupaten Nabire melalui Dinas  Kebudayaan Pemuda Olahraga Dan Pariwisata, menyelenggarakan Kompetisi Sepak Bola Usia dini kelompok umur 13-15 tahun, yang bertempat di Lapangan Sapta Marga, Kamis (03/12/15). Hadir dalam acara ini, Sekda Kabupaten  Nabire Drs. Johny Pasande,  Asisten I  Sekda  Nabire  Drs. I Wayan Mintaya, Asisten III Sekda Nabire Pieter Erari, SE, MSi, perwakilan Polres Nabire, Perwakilan dari Dandim 1705 Paniai Serta para tamu undangan lainnya.

bola3Dalam laporannya, Ketua Panitia penyelenggara Barnabas Watopa mengatakan, bahwa maksud dan tujuan diselenggarakan  kompetisi ini adalah untuk mempererat persatuan dan kesatuan bangsa melalui ungkapan persahabatan dalam bentuk kompetisi antar klub, menggali, mengembangkan dan membina potensi olahraga khusus cabang olahraga sepakbola usia dini serta sebagai ajang mempersiapkan secara dini untuk tampil mewakili Kabupaten Nabire pada event-event di tingkat Provinsi, Nasional bahkan Internasional tentunya melalui organisasi PSSI dan KONI Kabupaten Nabire. Dirinya juga menambahkan, kompetisi ini dilaksanakan menggunakan 3 lapangan bola yaitu: Lapangan bola Sapta Marga Kodim 1705 Paniai, Lapangan bola SMP Negeri 5 Nabire dan Lapangan bola  SMP Negeri 3 Nabire. Waktu pelaksanaan mulai dari tanggal 03 -15 Desember 2015,dan diikuti sebanyak 15 Klub yang di bagi dalam 4 pull.

Selanjutnya, dalam sambutan tertulis Penjabat Bupati Nabire Sendius Wonda, SH, MSi yang dibacakan Sekda Drs.Johny Pasande juga sekaligus membuka secara resmi Kompetisi Sepak Bola Usia Dini Kelompok Umur 13-15 tahun di Kabupaten Nabire tahun 2015,  menyampaikan terima kasih, kepada Kepala Dinas Pariwisata Kebudayaan Pemuda Olah Raga beserta jajarannya selaku penyelenggara, yang telah memprakarsai dan melaksanakan kegiatan yang sangat baik dan bernilai positif bagi kita semua terutama generasi muda.bola2

Bupati juga berharap agar kompetisi ini dijadikan sebagai ajang prestasi bagi para atlit sepak bola usia dini, yang bisa melahirkan para atlit-atlit sepak bola yang terampil serta memiliki kemampuan untuk mengukur prestasi, baik ditingkat regional maupun nasional, tidak menutup kemungkinan ada atlit asal Kabupaten Nabire yang dapat memperkuat Timnas, baik U-17, U-19 maupun U-23. Selain itu kompetisi ini juga, sebagai langkah preventif dalam mengurangi kegiatan yang bersifat negatif seperti Miras, tawuran pelajar, narkoba dan lain sebagainya.

Mengakhiri sambutanya Bupati Sendius Wonda, mengharapkan kepada para pimpinan klub, pelatih dan semua ofisial, terutama para pemain yang berlaga dalam kompetisi ini agar menjunjung tinggi sportiivitas serta tunjukkanlah bakat dan talenta yang dimiliki untuk meraih prestasi yang terbaik.

Acara selanjutnya dilanjutkan dengan pertandingan pembukaan di pull A,  antara klub sepakbola SMP Negeri 3 Nabire (Spenti FC) vs Tornado FC, yang berakhir dengan skor 3:0 untuk kemenangan SMP Negeri 3 Nabire. (u.r)