PENCANANGAN GERAKAN TANAM PADI UNTUK MENDUKUNG SWASEMBADA PANGAN

tani1Nabirekab.go.id – Untuk meningkatkan produksi padi, yang pada akhirnya meningkatkan kesejahteraan petani dan ketahanan pangan, Dinas Pertanian dan Perkebunan Kabupaten Nabire melaksanakan Tanam Serempak Padi pada Kamis 15 Oktober 2015 sub balai padi Jl.Bendungan Kali Bumi Kampung bumi Raya SP I Nabire.

tani2Kegiatan ini dihadiri oleh Kepala Dinas Tanaman Pangan dan Hortikultura Prov.Papua Samuel Siriwa, Jajaran Forkopimda Kab.Nabire, Sekda Kab.Nabire beserta ketiga Asisten, Kadin Pertanian dan Perkebunan beserta staf,Anggota TNI, Anggota Pramuka, para petani dan undangan lain.

Saat menyampaikan laporannya, Kadin Pertanian dan Perkebunan Kab. Nabire Viktor Yasor Sawo menghimbau bahwa pencapaian target beras untuk Kab.Nabire baru 34% dan ini merupakan suatu tantangan bagi masyarakat Nabire khususnya Dinas Pertanian dan Perkebunan untuk meningkatkan swasembada pangan. Beliau juga menyampaikan terima kasih kepada Pemerintah Pusat (Kementerian Pertanian RI) dan Pemerintah Provinsi (Dinas Tanaman Pangan dan Hortikultura) yang telah menjawab kebutuhan para petani Nabire dengan memberikan beberapa bantuan alat pertanian.tani3

Sama halnya yang disampaikan Kepala Dinas Tanaman Pangan dan Hortikultura Prov.Papua bahwa pencapaian target beras untuk provinsi Papua baru 52% yang dapat ditanggulangi dan sisanya masih didatangkan dari luar. Beliau juga menyampaikan bahwa sesuai dengan harapan Gubernur Papua, 121.000 ton beras yang dibutuhkan oleh TNI,POLRI dan PNS per tahun kedepannya semoga biasa dihasilkan di Papua sendiri. Mengakhiri sambutannya beliau berharap agar produksi Jeruk manis dan Salak dari Nabire lebih ditingkatkan lagi demi peningkatan kesejahteraan petani Nabire.

tani4Kegiatan dilanjutkan dengan Penanaman Padi Serempak dan penyerahan bantuan alat pertanian kemudian ditutup dengan ramah tamah.