PERINGATAN HARI KEBANGKITAN NASIONAL KE-107 TAHUN 2015 DI KABUPATEN NABIRE, DITANDAI DENGAN ZIARAH DAN UPACARA BENDERA

 


harkitnas5Nabirekab.go.id –
Peringatan Hari Kebangkitan Nasional ke- 107 tahun 2015 di Kabupaten Nabire diawali dengan Ziarah Nasional yang di gelar di Taman Makam Pahlawan Kompleks Pemakaman Margalayu Nabire. Ziarah Nasioanal dihadiri anggota POLRI, para Perwira TNI/POLRI, anggota Darma Wanita Kabupaten Nabire, serta pejabat Esalon di lingkungan  pemerintah Kabupaten Nabire. Acara diawali dengan laporan Komandan Upacara IPDA Julkifli Sinaga, pada Inspektur Upacara AKBP H.Roland Situmeang, S.Ik, M.Si Dilanjutkan dengan penghormatan kepada arwah para pahlawan, mengheningkan cipta, peletakan karangan bunga dan pembacaan doa serta di tutup dengan penghormatan terakhir kepada arwah para pahlawan yang telah berjuang demi mempertahankan Indonesia, serta penaburan bunga diatas pusara para pahlawan.

harkitnas2

harkitnas

Dihari yang sama, Rabu (20/05/15) usai Ziarah Nasional di Taman Makam Pahlawan, dilanjutkan dengan Upacara Bendera dalam rangka memperingati Hari Kebangkitan Nasional yang berlangsung di halaman apel kantor Bupati Nabire. Upacara dipimpin langsung PLH Bupati Kabupaten Nabire Drs Johny Pasande selaku Inspektur Upacara dan Kapten Kav. Syahrul Hidayat, S.Ag, sebagai Komandan Upacara. Hadir pada upacara tersebut Forkopimda Kab. Nabire dan sejumlah komponen masyarakat, pimpinan SKPD di lingkungan PEMDA Nabire, Anggota TNI/POLRI, Polisi Pamong Praja serta para undangan lainnya. Acara diawali dengan laporan komandan upacara kepada Inspektur Upacara, dilanjutkan dengan pengibaran Bendera Mereh Putih, Mengheningkan Cipta yang diiringi oleh Paduan Suara dari siswa-siswi SMA YPK Tabernakel Nabire, Pembacaan Pancasila oleh Inspektur Upacara di ikuti peserta upacara, Pembacaan UUD 1945 serta amanat dari PLH Bupati Nabire.

harkitnas7

harkitnas3

Dalam amanatnya, Plh Bupati Kabupaten Nabire Drs.Johny Pasande membacakan  sambutan Menteri Komunikasi Dan Informatika, mengajak semua pihak untuk  mengenang kembali bagaimana semangat perjuangan The Founding Fathers bangsa besar ini untuk diambil sebagai teladan bagi kita semua. Dokter Wahidin Soedirohoesodo dan Dokter Soetomo telah menanamkan konsep perjuangan intelektual lewat pembentukan organisasi untuk membangun kebersamaan dan persatuan antar elemen bangsa. Proses panjang perjuangan mereka yang dilanjukan para pejuang lain, telah menghasilkan lahirnya bangsa besar dengan Negara Kesatuan Republik Indonesia yang kita kenal sekarang ini.

Ditambahkannya  Setiap tanggal 20 Mei, bangsa ini memperingati Hari Kebangkitan Nasional, hari yang menjadi momentum perjuangan seluruh rakyat Indonesia. Kebangkitan Nasional merupakan masa bangkitnya semangat nasionalisme, persatuan, kesatuan dan kesadaran sebagai sebuah bangsa untuk memajukan diri melalui gerakan organisasi modern yang sebelumnya tidak pernah muncul selama penjajahan. Sejalan dengan semangat dan jiwa kebangkitan nasional tersebut, maka peringatan Hari Kebangkitan Nasional ke-107 tahun 2015 ini mengambil tema “MELALUI HARI KEBANGKITAN NASIONAL KITA BANGKITKAN SEMANGAT KERJA KERAS MEWUJUDKAN INDONESIA MAJU DAN SEJAHTERA”. Tema ini mengandung makna bahwa Kebangkitan Nasional sekarang lebih difokuskan pada perwujudan kerja nyata dengan bekerja lebih keras dan bukan sekadar pengembangan wacana. Tuntutan untuk terus maju dan mewujudkan Indonesia sebagai Negara sejahtera telah menjadi pemicu pentingnya merealisasikan semangat kebangkitan nasional dengan kerja keras, kerja cerdas dan produktif.

harkitnas4 harkitnas6

Diakhir sambutannya PLH Bupati juga menyampaikan Tujuan peringatan Hari Kebangkitan Nasional ke 107 adalah untuk terus memelihara, menumbuhkan dan menguatkan jiwa nasionalisme kebangsaan kita sebagai landasan dasar dalam melaksanakan pembangunan, menegakkan nilai-nilai demokrasi berlandaskan moral dan etika berbangsa dan bernegara, mempererat persaudaraan untuk mempercepat terwujudnya visi dan misi sebagai bangsa yang maju dan sejahtera dalam bingkai NKRI. (U. Rumadas)

Leave a Comment

*

code