PERINGATAN HARI PENDIDIKAN NASIONAL DI KABUPATEN NABIRE

up1Nabirekab.go.id,-  Peringatan Hari Pendidikan Nasional Tahun 2015 di Kabupaten Nabire diperingati dalam bentuk Upacara Bendera bertempat di halaman SMP Negeri 5 Nabire. Bertindak sebagai Pemimpin Upacara Yafet Womsiwor,  SPd,  Perwira Upacara Ody Msen,SPd, Pembaca UUD 1945 Yunus Arwom, SPd dan sebagai Pembina Upacara Sekretaris Daerah Kabupaten Nabire Drs Johny Pasande. Hadir dalam peringatan ini Sekda Kabupaten Nabire, FORKOMPIMDA Kabupaten Nabire, Komandan Batalyon 753 Arvita, Pimpinan Perguruan Tinggi se Kabupaten Nabire, Segenap Kepala Sekolah, Dewan Guru dan Komite Sekolah. Sebagai peserta upacara terdiri dari pelajar tingkat SD, SMP/MTs, SMA/MA/SMK dan para guru-guru serta Paduan Suara dari siswa-siswi SMP Negeri 5 Nabire.up2

Dalam sambutan Menteri Pendidikan Dan Kebudayaan Republik Indonesia Anies Baswedan yang dibacakan oleh Sekda Kabupaten Nabire Drs Johny Pasande, mengatakan bahwa “Peringatan hari Pendidikan Nasioanal ini tidak bisa lepas dari pribadi Ki Hajar Dewantara, yang pada tanggal 2 Mei merupakan hari kelahiran Bapak Pendidikan Indonesia itu. Ki Hajar Dewantara menyebut sekolah dengan istilah “TAMAN” yang merupakan tempat belajar yang menyenangkan. Sekolah menyenangkan memiliki berbagai karakter, diantaranya sekolah yang melibatkan semua komponennya baik guru, orang tua dan siswa dalam proses belajarnya. up3Dimana individu diberikan pilihan  dan tantangan sesuai dengan tingkatannya, pendidikan yang menumbuhkembangkan potensi peserta didik agar menjadi insan berkarakter Pancasila.

Peringatan Hari Pendidikan Nasional tahun ini mengambil Tema ”PENDIDIKAN DAN KEBUDAYAAN SEBAGAI GERAKAN PENCERDASAN DAN PENUMBUHAN GENERASI BERKARAKTER PANCASILA.” Ditambahkannya pula kunci dari Tema tersebut, adalah ”GERAKAN”. Pendidikan harus dipandangi sebagai upaya kolektif seluruh bangsa. up4Karena itu, pendidikan tidak bisa dipandang sebagai sebuah program semata. Kita harus mengajak semua elemen masyarakat untuk terlibat, kita mendorong pendidikan menjadi gerakan semesta, yaitu gerakan yang melibatkan seluruh elemen bangsa, masyarakat merasa memiliki, pemerintah memfasilitasi, dunia bisnis peduli dan ORMAS mengorganisasi sebagai sebuah “GERAKAN” yang ingin menumbuhkan rasa memiliki pada semua kalangan.

Gerakan Pencerdasan dan Penumbuhan generasi  berkarakter  Pancasila adalah sebuah upaya mengembalikan kesadaran tentang pentingnya karakter Pancasila didalam pendidikan kita. Pendidikan bertujuan untuk mengembangkan potensi peserta didik agar menjadi manusia Beriman, Berakhlak mulia, Sehat, Berilmu, Cakap, Kreatif, Mandiri dan menjadi warga negara yang demokratif, serta bertanggung jawab.up5

Diakhir sambutannya Menteri Pendidikan dan Kebudayaan R.I Anies Baswedan mengajak kita untuk harus mengubah perspektif bahwa pendidikan bukan hanya urusan kedinasan dipemerintahan, melainkan juga urusan kita dan upaya memajukan pendidikan adalah tanggung jawab kita semua. Dirinya juga mengucapkan Selamat Hari Pendidikan Nasional tahun 2015, Jayalah Indonesia.

Setelah Upacara dalam rangka Hari Pendidikan dilanjutkan dengan acara tambahan oleh DrumBand SMP Negeri 5  dan SMP Almadina I Nabire, dan diakhiri dengan pembagian hadiah-hadiah lomba dalam rangka Hari Pendidikan Nasional diantaranya  Lomba Bola Volly putra dan putri tingkat SMA/SMK/MA, Lomba Atletik putra dan putri dan Lomba Matematika Tingkat SMA/SMK/MA. (U.R)

up6

up7

up8

up9

Leave a Comment

*

code