“MUSYAWARAH DAERAH-I IKATAN KELUARGA TORAJA ( IKT ) KABUPATEN NABIRE TAHUN 2015”

ikt2Nabirekab.go.id –   Rabu tanggal 8 April 2015 bertempat di Aula Maranata Malompo, Ikatan Keluarga Toraja (IKT) melaksanakan Musyawarah Daerah  I IKT Kab. Nabire. Turut hadir dalam kegiatan tersebut pengurus IKT kabupaten Nabire,  Ketua Umum IKT Provinsi Papua Prof. Dr Yohanis Rante, SE, M.Si, Bupati Kabupaten Nabire yang diwakili oleh Drs. Johny Pasande, unsur Muspida, perwakilan dari masing-masing Arisan/Kerukunan dalam lingkup IKT, Bidang persekolahan, Pengurus Yayasan IKATE Bakti Mandala Nabire, Organisasi Ikatan Wanita Toraja (IWT) Kab. Nabire, Utusan dari Majelis Taqlim Toraja Kabupaten Nabire. Hadir juga dari Kesbangpollinmas. Jumlah Kerukunan/ Arisan dalan lingkup IKT adalah 34 Arisan/ Kerukunan yang masing-masing diwakili oleh 5 (lima) orang peserta atau utusan.

Mengawali kegiatan ini pengurus IKT memasuki ruangan sidang dengan diantar atau di sambut dengan tarian khas daerah toraja, “pagellu” peserta penari pagellu ini tidak hanya berasal dari gadis-gadis muda saja tetapi jg dari kalangan ibu – ibu  turut serta memeriahkan acara tersebut.

Pada acara pembukaan tersebut, ketua Panitia Musda I IKT Kab. Nabire Bapak Markus Randan, ST menyampaikan laporan panitia. Dalam laporannya ketua menyampaikan total dana yang terkumpul adalah sebesar Rp. 232.000.000,- sumberdana yaitu sumbangan dari Bupati Naabire, Wakil Bupati, para Donatur dan sumbangan dari warga IKT di Nabire. Sambutan berikutnya disampaikan oleh Ketua IKT Kab. Nabire yaitu Bapak Agus Rimba, beliau menekankan pentingnya persatuan, sebagaimana Filosofi IKT “misa’ kada dipotuo pantan kada dipomate yang artinya bersatu kita teguh bercerai kita runtuh, Ketua IKT jg mendorong semua warga IKT untuk menjadikan Musda I IKT Musyawarah (kombongan) menjadi “barana’” (kayu kalandona tondok) yang artinya pohon beringin yang tinggi dan rimbun yang bisa dijadikan tempat berlindung. Yang tidak kalah pentingnya disampaikan bahwa tahun ini  merupakan tahun dimulainya pembangunan rumah Musyawarah tempat pertemuan kegiatan-kegiatan orang toraja yang biasa disebut Tongkonan.

ikt1

Ketua IKT Propinsi Papua yang merupakan salah satu Guru Besar di UNCEN yaitu bapak Prof. Dr. Yohanis Rante, SE, M.Si juga berkesempatan memberikan sambutan dan menceritakan sekilas asal mula IKT di Papua. IKT  hadir di Papua pada tahun 1963 di Jayapura ketika pada waktu itu masih bernama PMTI (Perhimpunan Masyarakat Toraja Indonesia) selanjutnya ia mengatakan setiap manusia itu tidak bisa hidup sendiri karena itu perlu adanya kebersamaan untuk saling membantu dan menolong. Menyinggung asala usul kata toraja yaitu To artinya orang dan raa artinya mura, orang pemurahati ramah artinya toraja yang bermoral. Ada juga yg mengatakan to raya yang artinya orng terhormat.

Selanjutnya Drs. Johny Pasande selaku Sekda Kab. Nabire membacakan sambutan tertulis Bupati Nabire Isaias Douw, S.Sos. melalui sambutan tersebut Bupati Nabire mengatakan  IKT sebagai wadah tempat berkumpulnya orang Toraja untuk menjalin kebersamaan dan kekeluargaan, saling tolong menolong, bekerja sama dan merasa senasib di tempat perantauan. Pembacaan sambutan tersebut dirangkaikan dengan pembukaan secara resmi Musda I IKT Kab. Nabire yang ditandai dengan pemukulan Tifa.

 Musyawarah Daerah IKT yang I tahun 2015 ini mempunyai agenda sidang sebagai berikut:

PARIPURNA 1, meliputi Pengecekan Peserta/ Penetapan  Peserta, Pengesahan Jadwal, Pengesahan Tata Tertib, Pemilihan Pimpinan sidang defenitif,

PARIPURNA 2, meliputi: Laporan Pertanggung Jawaban Pengurus IKT, Tanggapan Peserta Sidang terhadap LPJ Pengurus IKT.

PARIPURNA 3 Meliputi: Pembagian Komisi dan tugas-tugas Komisi, yaitu Komisi A, Membahas tentang AD dan ART IKT Kab. Nabire Periode Tahun 2015 s/d 2020. Komisi B membahas tentang Program Kerja dan Anggaran IKT Kab. Nabire Periode Tahun 2015 s/d 2020, Komisi C membahas tentang Sejarah dan Sosial Budaya IKT Kab. Nabire Periode Tahun 2015 s/d 2020 dan  Komisi D membahas tentang Organisasi IKT Kab. Nabire yang meliputi: Kriteria Calon Pengurus Penasehat IKT Kab. Nabire, Mekanisme dan tata cara Pemilihan Pengurus dan Penasehat IKT, terakhir Struktur Organisasi dan Uraian Tugas Pengurus dan Penasehat IKT.

PARIPURNA 4 dengan agenda Pleno Hasil Rapat Komisi – Komisi.

PARIPURNA 5 dengan agenda Pembentukan Panitia Pemilihan Pengurus IKT Kab. Nabire,  Pemilihan Pengurus IKT dan Organisasi Bina IKT, Pemilihan Penasehat IKT dan dan pembentukan Tim Perumus. Serta dilanjutkan dengan pembentukan Panitia Pembangunan Tongkonan IKT Kab Nabire.

PARIPURNA 6  Pengesahan Hasil Musda I IKT Kab. Nabire.ikt3 ikt7 ikt4

Musda I IKT Kab. Nabire yang yang dijadwalkan  berlangsung dari tanggal 8- 9 April ini ternyata berlanjut sampai pada Jam 02:45 WIT dini hari  Jumat tanggal 10 April 2015. Walau pun berlangsung sampai pada subuh hari namun tidak mengurangi antusiasme dan  semangat para peserta Musda. (natan – nabirekab.go.id)

Berikut Hasil Musyawarah Daerah IKT yang I tahun 2015 menetapkan :

Dewan Penasehat IKT Kab. Nabire :

  1. Johny Pasande
  2. CH. Tarukkila
  3. Musa Malisa
  4. Yohanes Sampebua
  5. Marthinus Dua Padang
  6. Eny Kurmasela (mewakili kaum Perempuan)
  7. Hertana Lallo

Susunan Pengurus Ikatan Keluarga Toraja Kab. Nabire 2015-2020 :

  1. Ketua :     Agus Rimba
  2. Wakil Ketua :     Jaya
  3. Sekretaris :     Yohanis Ta’dung
  4. Wakil Sekretaris :     Arfan Natan Palumpun
  5. Bendahara :     Elisabet Toba
  6. Wakil Bendahara :     Marthen Todingikt5 ikt6

Leave a Comment

*

code