PELATIHAN HOLISTIK INTEGRATIVE BAGI KADER PAUD DI KABUPATEN NABIRE

paud

Kegiatan pelatihan kader Paud Holistik Integratif di Kabupaten Nabire diselenggarakan oleh Badan Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (BPPPA) Provinsi Papua  bekerja sama dengan Badan Pemberdayaan Perempuan, Perlindungan Anak  dan Keluarga Berencana (BPPPAKB) Kabupaten Nabire.

k paudDalam sambutannya Ketua Panitia Penyelenggara Bapak  Amatus Watken dari    BPPPA Provinsi Papua, menyatakan bahwa maksud dan tujuan  dari kegiatan ini yaitu untuk mendorong  tersedianya lembaga dan Sumber Daya Manusia, pengembangan dan pengelola  PAUD Holistik Integratif di seluruh Papua,  meningkatkan  kualitas penyelenggara PAUD yang Komprehensif dan terintergratif dengan semua sendi  kebutuhan hidup anak usia dini sebagai wujud pemenuhan hak asasi manusia. Sedangkan tujuan khusus dari kegiatan ini adalah untuk meningkatkan pengetahuan dan skill pengelola, pendidik, dan orang tua dalam melayani dan pendampingi anak usia dini, meningkatkan kapasitas kelembagaan PAUD yang holistik dan integratif, serta meningkatkan mutu pendidikan anak PAUD di Papua yang berjalan searah pertumbuhan mental spritual, emosi dan kesehatan .

Pelatihan ini diperuntukan bagi para kader pengelola, pendidik, pendamping, dan pembuat kebijakan untuk PAUD. Peserta   pelatihan sebanyak 30 Orang  terdiri dari  Kader  dan Pengelola PAUD, Guru PAUD serta  Bidang / Seksi dari lembaga terkait. Materi yang diberikan dalam pelatihan ini adalah kebijakan pengembangan PAUD Holistik  Integratif, dan Hubungan Pendidikan Anak Usia Dini dengan Keberhasilan Program KB. Sedangkan Metode yang digunakan dalam pelatihan ini adalah pemaparan dan diskusi, serta praktek singkat, simulasi dan tanya jawab.

sek paudPelaksanaan Kegiatan dilaksanakan di Aula  BPPPAKB Kab. Nabire, tanggal 11 Desember 2014, dibuka oleh Bapak Bupati dalam hal ini diwakili oleh Sekda  Kabupaten Nabire Drs. Johny Pasande.

Sementara itu sambutan Bupati Nabire yang dibacakan oleh Sekda Kabupaten Nabire menekankan bahwa anak yang sehat dan cerdas merupakan dambaan semua orang tua / keluarga,  berbagai upaya pembinaan terutama melalui pengenalan nilai–nilai keagamaan dan harus dilakukan mulai sejak sang anak masih dalam rahim hingga memasuki usia balita dan masa kanak–kanak sampai menjelang dewasa. Dalam Upaya pembinaan anak dalam masa pertumbuhan untuk menemukan jati dirinya, harus didukung dengan pendidikan diluar keluarga yang salah satunya melalui pendidikan PAUD .

Persoalan anak, baik hak dan kewajibannya banyak yang terabaikan, sebab pada kenyataannya masih ada anak–anak yang diekploitasi dengan bekerja keras diluar kemampuan yang sebenarnya hanya untuk sekedar bertahan hidup, penjualan anak dan masih banyak kekerasan yang dilakukan terhadap anak–anak.

mak paudSebagai Narasumber dari Bidang PAUD, Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Provinsi Papua Ibu Editha Rumbekwan  dan sebagai moderator Ibu Irmayanti Maker, Kepala Bidang Perlindungan Perempuan  dan Anak BPPPAKB Kabupaten Nabire.

mak2 paudPaud Holistik Integratif merupakan Tanggung Jawab semua lembaga yang bekerja atas nama anak  di semua bidang kebutuhan dan aspek hidup anak sejak dalam kandungan sampai usia 6 tahun, masa paling penting dalam tumbuh kembang anak ada pada periode sejak dalam rahim sampai pada 3 Tahun pertama kehidupannya yang disebut masa keemasan anak atau golden ages period, ini sangat menentukan derajat kesehatan anak, tingkat intelgensia, kematangan emosional dan spritual serta produktivitras  manusia pada tahap berikutnya.

ibu paudPemenuhan Kebutuhan hak Anak meliputi akan kebutuhan hak asuh  (Fisik Biomedis), kebutuhan akan asih yang terkait dengan kasih sayang yang menyentuh emosi dan kebutuhan akan kasih sayang, kebutuhan akan asah yang terkait dengan stimulasi mental anak serta kebutuhan akan perlindungan dalam pemenuhan kebutuhan tersebut  hendaknya diberikan secara stimulan, sinergis dan berkesinambungan  sesuai  dengan usia dan tahap tumbuh kembang anak,  PAUD Holistik Intergratif merupakan salah satu strategi  untuk memenuhi hal tersebut, itulah kata sambutan diakhir kegiatan yang dibacakan oleh kepala Badan Pemberdayaan Perempuan, Perlindungan Anak  dan Keluarga Berencana (BPPPAKB) Kabupaten Nabire Ibu Yufinia Mote, S.Si.T sekaligus menutup Pelatihan PAUD Holistik Intergratif di Kabupaten Nabire tahun 2014

 end paud

Leave a Comment

*

code