PEYERAHAN DANA OTONOMI KHUSUS (OTSUS) MELALUI USAHA KREATIF DAN PRODUKTIF KEPADA MASYARAKAT ASLI PAPUA TAHUN ANGGARAN 2013

Nabire – Kamis, 30 Januari 2014. Untuk mengangkat usaha dan merubah perekonomian pendapatan masyarakat asli papua, Pemerintah Daerah melalui instansi Badan Pemberdayaan Masyarakat dan Pemerint Kampung, memberikan bantuan modal usaha yang bersumber dari dana Otsus untuk mengembangkan Usaha Ekonomi Produktif Masyarakat Asli Papua.

Kegiatan yang mengambil lokasi di aula BKD Kabupaten Nabire ini dihadiri oleh Bupati Nabire Isaias Douw,S.Sos, unsur Muspida, para pimpinan SKPD, para Kabag serta para penerima bantuan Otsus tersebut. Dalam sambutannya, Bupati Nabire menghimbau kepada para penerima bantuan agar bantuan modal usaha yang diberikan dapat dimanfatkan sebaik-baiknya untuk mengembangkan usaha yang dimiliki. Juga beliau berpesan, bagi para penerima bantuan hendaknya dapat dipisahkan antara kebutuhan usaha dan kebutuhan keluarga, setiap usaha hendaknya memiliki pembukuan walaupun sederhana, sehingga perkembangan usaha dapat diketahui setiap bulan. Dan kepada instansi teknis dalam hal ini BPMK, beliau berharap tidak hanya memberikan bantuan akan tetapi juga melakukan pembinaan dan pendampingan terhadap para penerima bantuan Otsus.

Bentuk usaha yang mendapat bantuan pada kesempatan ini diantaranya; Usaha Pembuatan Kue, Penjual Pinang, Pecah Batu, Sablon dll. Dimana nominal bantuan bervariasi antara Rp 2.000.000 hingga Rp 60.000.000 disesuaikan dengan jenis usaha yang dilakukan. Adapun warga masyarakat yang mendapat bantuan berasal dari 4 Distrik di kabupaten Nabire yakni : Distrik Nabire, Distrik Teluk Kimi, Distrik Makimi dan Distrik Yaur .

Leave a Comment

*

code