“PAHLAWANKU IDOLAKU” (Peringatan Hari Pahlawan Nasional ke-68 Kab. Nabire Tahun 2013).

Nabire – “Pahlawanku Idolaku”, itulah tema peringatan Hari Pahlawan Nasional di tahun ini. Hal ini berdasarkan Pedoman Pelaksanaan Peringatan Hari Pahlawan Nasional Tahun 2013. Kegiatan pokok peringatan Hari Pahlawan Nasional 2013 di tingkat Kabupaten Nabire meliputi Apel kehormatan dan Renungan Suci, Ziarah di Taman Makam Pahlawan, Tabur Bunga di laut serta Upacara Peringatan Hari Pahlawan Nasional dan Ramah Tamah bersama veteran Pejuang juga Keluarga Pahlawan. Adapun Panitia Pelaksana Kegiatan Peringatan Hari Pahlawan Nasional ke-68 tahun 2013 Kab. Nabire diketuai oleh DR. Jack R. Ch. Ayamiseba, SH, M. Hum.
11

Berikut ini kami rangkum secara singkat Rangkaian Kegiatan yang dilaksanakan oleh Panitia Peringatan Hari Pahlawan Nasional ke-68 tahun 2013 Kab. Nabire.

RENUNGAN SUCI.
Mengawali rangkaian kegiatan Peringatan Hari Pahlawan Nasional ke-68 tahun 2013, dilaksanakan Apel Kehormatan dan Renungan Suci. Kegiatan yang berlangsung di Taman Makam Pahlawan Jl. Kusuma Bangsa dimulai pada pukul 00.00 WIT tanggal 11 November 2013 (senin dini hari). Hari Pahlawan sedianya diperingati pada tanggal 10 November setiap tahunnya, akan tetapi karena pada tahun 2013 ini bertepatan jatuh pada hari Minggu dan mengingat mayoritas masyarakat di daerah ini menganut agama Nasrani, maka rangkaian kegiatan diundur pelaksanaannya pada tanggal 11 November 2013, guna menghormati kegiatan beribadah umat Nasrani.
11-1
Apel kehormatan dan renungan suci kali ini dipimpin oleh Kapolres Nabire AKBP. Tagor Hutapea, S.Ik, M.Si selaku Inspektur Upacara. Sementara itu yang bertindak sebagai Komandan Upacara dalam kesempatan ini adalah Lettu Inf. Sakeus Agaki dari Kodim 1705 Paniai. Kegiatan yang berlangsung Khidmat ini dilanjutkan dengan penghormatan kepada arwah para Pahlawan, pembacaan naskah renungan suci oleh Inspektur upacara, mengheningkan cipta, penyalaan obor di seputaran TMP, dan pembacaan doa oleh Sersan Mayor Prayitno kemudian ditutup dengan penghormatan terakhir kepada arwah para pahlawan.
11-2jpg
Tampak peserta yang ikut hadir dalam renungan suci tersebut dari Batalyon Inf. 753/Arvita Nabire, Kodim 1705 Paniai, Denzipur 12/OHH Nabire, Polres Nabire, Satpol PP, serta Perwira TNI/POLRI dan Pejabat eselon II dan III dilingkungan Pemerintah Daerah Kab. Nabire.

ZIARAH DI TAMAN MAKAM PAHLAWAN.
Sebagai kelanjutan dari rangkaian peringatan Hari Pahlawan Nasional ke-68 tahun 2013, Senin (11/11) dilaksanakan Ziarah ke Taman Makam Pahlawan. Acara yang dimulai pada pukul 07.00 WIT tersebut dimaksudkan untuk mengenang arwah para Pahlawan yang telahberjuang demi mempertahankan kedaulatan ibu pertiwi. Ziarah dihadiri oleh Wakil Bupati Kabupaten Nabire Mesak Magai, S.Sos, M.Si, jajaran Muspida Kabupaten Nabire, unsurTNI / POLRI dan SatPol PP. yang bertindak sebagai Inspektur Upacara adalah Kepala Kejaksaan Negeri Kab. Nabire, T. Banjarnahor, SH.

Acara diisi dengan peletakan karangan bunga di tugu pahlawan oleh InspekturUpacara untukmenghormati para pahlawan yang telah gugur dalam berjuang demi NKRI, serta dilanjutkan dengan tabur bunga di pusara para pahlawan.
11-3
11-4
11-5
11-6

ZIARAH TAMAN MAKAM PAHLAWAN DIRANGKAI TABUR BUNGA DI LAUT
Selepas melakukan ziarah di Taman Makam Pahlawan, rombongan wakil Bupati beserta Muspida, Perwira TNI/Polri beserta Prajurit dan Organisasi kewanitaan bertolak ke Pangkalan Pendaratan Ikan (PPI) di kampung Sanoba untuk selanjutnya melaksanakan acara tabur bunga dilaut.
Kegiatan yang dimulai pada pukul 08.00 WIT juga dikemas dalam bentuk upacara, berlangsung sangat Khidmat dan tenang. Diiringi sepoi-sepoinya angin laut ditingkahi deburan ombak kecil yang beriak tenang menghantam tepian dermaga menambah suasana damai.
11-7
11-10

Puncak pelaksanaan upacara tabur bunga kali ini adalah dilemparkannya karangan bunga ke laut oleh Inspektur Upacara dan diikuti dengan tabur bunga dilaut yang dilakukan peserta upacara yang lain.
11-8
11-9

UPACARA BENDERA MEMPERINGATI HARI PAHLAWAN
Puncak Peringatan Hari Pahlawan Nasional ke – 68 Kab. Nabire tahun 2013 dilaksanakan dalam bentuk Upacara bendera yang dihelat di Lapangan Markas Denzipur 12 / OHH Nabire.
Bertindak selaku Inspektur Upacara adalah Bupati Nabire Isaias Douw, S.Sos. dan Komandan Upacara adalah Kapten Czi Suyanto, yang dalam kesehariannya menjabat sebagai Pasiops Denzipur 12/OHH Nabire.
11-13
11-11

Dalam sambutannya, Bupati Nabire membacakan amanat dalam bentuk sambutan tertulis Menteri Sosial Republik Indonesia DR. H. Salim Segaf Al Jufri. Dikatan leh Mensos bahwa “Sejarah telah mencatat bahwa Perjuangan untuk mendirikan Negara Kesatuan Republik Indonesia yang saat ini menjadi bangsa yang berdaulat dan terhormat adalah bukan hadiah atau pemberian dari pihak manapun, melainkan dari Tuhan yang Maha Esa melalui proses perjuangan yang sangat panjang, heroik dan disertai dengan pengorbanan yang luar biasa dari para Pejuang dan para Pahlawan pendahulu kita”.lebih lanjut diungkapkan pula bahwa “Kita harus memaknai peringatan hari pahlawan bukan hanya ungkapan syukur kepada Tuhan Yang Maha Esa, tapi sekaligus sebagai ungkapan terhadap keyakinan jati diri bangsa, diinspirasi oleh para pejuang kita yang telah gugur di medan laga“.
Meskipun pelaksanaan upacara bendera kali ini “diwarnai” oleh guyuran hujan yang cukup deras, namun tidak menyurutkan langkah dan semangat para pasukan peserta Upacara yang terdiri atas elemen prajurit dari Yonif 753/ARVITA Nabire, Denzipur 12/OHH Nabire, Kodim 1705 Paniai, Polres Nabire, dan Satpol PP.
Diakhir Upacara, para Peserta Upacara dan tamu undangan disuguhkan Pertunjukan Devile / Marching Band oleh Tim Devile Ohora Denzipur Nabire. Pertunjukan yang sarat dengan nilai kerjasama, kekompakan dan keserasian, selain itu juga menampilkan gerak tubuh yang ditopang oleh stamina, kekuatan dan ketangkasan para anggotanya.

11-12
Upacara ditutup dengan parade marching band yang ditampilkan oleh Siswa-siswi SMA Negeri I Nabire. Selanjutnya acara dilanjutkan dengan Ramah tamah bersama para veteran pejuang dan keluarga Pahlawan yang bertempat di Aula Denzipur Nabire. (A5)

Leave a Comment

*

code