Keagamaan

Kemajemukan dalam agama yang ada di masyarakat Kabupaten Nabire membutuhkan sikap yang toleran dan nuansa rukun untuk menciptakan kedamaian di tengah-tengah masyarakat.
Data jumlah umat masing-masing agama, belum diperoleh data yang akurat, sehingga data yang disajikan di bawah ini masih perlu dikaji dan diteliti secara baik. Sebagai gambaran dan berdasarkan analisa yang dikaitkan dengan data jumlah tempat ibadahnya, maka dapat diasumsikan bahwa pemeluk agama terbanyak di Kabupaten Nabire adalah Kristen Protestan. Lebih jelasnya data jumlah umat masing¬-masing agama (sumber : Departemen Agama Kabupaten Nabire 2010) adalah sebagai berikut :
1. Kristen Protestan : 96.695 jiwa
2. Kristen Katolik : 71.877 jiwa
3. Islam : 45.580 jiwa
4. Hindu : 374 jiwa
5. Budha : 100 jiwa
Jumlah : 214.626 jiwa

Guna mendukung peningkatan iman dan taqwa perlu ditunjang dengan sarana dan prasarana peribadatan yang memadai. Dalam kaitan ini Pemerintah Kabupaten Nabire tetap konsen dalam memberi bantuan pembangunan rumah/tempat ibadah. Sesuai data dari Dinas Kesejahteraan Sosial Kabupaten Nabire (masih menggunakan data tahun 2009), Pemerintah Daerah telah menyalurkan bantuan keagamaan sebagai berikut :

agama tab 67

Disamping bantuan kembali rumah-rumah ibadah, Pemerintah Daerah juga memberikan bantuan dalam kegiatan-kegiatan keagamaan yang diikuti oleh setiap agama seperti: Pesparawi, Wisata Rohani, MTQ, Utsawa Dharma Gita dan lain-lain.
Selanjutnya data mengenai jumlah rumah tepat ibadah dan rohaniawan masing-masing agama dapat dilihat pada Tabel dibawah ini :

agama tab 68

Khusus di bidang pelaksanaan ibadah Haji bagi umat islam, pada tahun 2010 jumlah calon haji yang diberangkatkan sebanyak 101 orang terdiri dari 30 laki-laki dan 71 perempuan. Data peserta calon haji dapat dilihat pada Tabel berikut :agama tab 69