Bupati Nabire Isaias Douw Membuka Secara Resmi Launching Aplikasi Cash Management Sistim Kas Daerah

nabirekab.go.id- Aplikasi Cash Management System Kas Daerah (CMS KASDA) merupakan salah satu aplikasi yang dimiliki oleh Bank Papua guna mendukung Pemerintah Daerah dalam melakukan transaksi pengelolaan keuangan daerah khususnya terkait transaksi pencairan SP@D dari rekening kas umum daerah kepada rekening tujuan (OPDPihak Ketiga) di Bank Papua secara Real Time Online. Hal ini tidak terlepas dari kerja sama yang dilakukan oleh Pemerintah Kabupaten Nabire dengan bank Papua. Demikian Dikatakan Bupati Kabupaten Nabire Isaias Douw,S.Sos, MAP pada saat membuka dan meresmikan Launcing Aplikasi Cash Management Sistim Kas Daerah, Kamis (12/09/19) di Ruang Rapat BPKAD Nabire.

Dikatakan Bupati Nabire Isaias Douw, Aplikasi Cahs Management System Kas Daerah Online Bank Papua merupakan salah satu layanan transaksi non tunai khususnya bagi bendahara umum daerah (BUD) menindak lanjuti masing-masing : Inpres No 10 Tahun 2016 Tentang Aksi Pencegahan Dan Pemberantasan Korupsi serta Surat Edaran Menteri Dalam Negeri Nomor 910/1867/SJ Tanggal 17 April 2017 Tentang Implementasi Non Tunai pada Pemerintah kabupaten / Kota.

Ditambahkannya, bahwa manfaat dari Implementasi Cash Management System Kas Daerah antara lain : Pencairan SP2D dapat dilakukan tepat waktu (Tanpa Harus Dikirim Ke Bank terlebih dahulu), mengurangi resiko pengembalian berkas SP2D yang dikarenakan adanya kesalahan nomor rekening atau nama Bank tujuan, juga Pemerintah Daerah dapat memantau kondisi keuangan Kas Daerah terkini melalui rekening koran setiap waktu (Real Time), Juga mempermudah Kasda dan Bank dalam melakukan rekonsiliasi data pencairan SP2D ke rekening SKPD / Dinas atau pihak ketiga, mempermudah KASDA dalam membuat laporan-laporan keuangan dalam pencairan SP2D serta mempermudah administrasi Bank dan Unit Kasda (BPKAD) dalam proses pencairan SP2D.

Mengakhiri sambutannya, Isaias Douw Mennyampaikan bahwa Aplikasi CMS Kasda Online ini adalah Aplikasi yang terintegrasi dengan sistem keuangan yang dimiki oleh Pemerintah Kabupaten Nabire, dengan mengintegrasikan teknologi informasi ini maka diharapkan layanan CMS Kasda Online dapat mendukung meningkatnya tatakelola Pemerintahan. Dengan terintegrasi secara sistem maka diharapkan tertip data administrasi akan meningkat dimulai dari kevalidan data rekening penerima pada SP2D harus sesuai dengan yang terdapat pada Bank Papua. Hal ini sesuai dengan prinsip tatakelola Pemerintahan yang mewajiban kesesuaian data sesuai peruntukannya. Selanjutnya Dirinya juga berharap OPD/SKPD dalam melakukan pembuatan SPP/SPM harus selalu menyesuaikan nomor rekening dan nama yang sama dengan rekening koran tabungan/giro Bank Papua. (u.r)

Uncategorized

Leave a Comment

*

code