PIDATO BUPATI MENYAMBUT NATAL 25-12-2013 DAN TAHUN BARU 01-01-2014

KEPADA SELURUH WARGA MASYARAKAT KABUPATEN NABIRE YANG SAYA HORMATI.
S Y A L O M
SALAM SEJAHTERA BAGI KITA SEMUA
SEBAGAI UMAT YANG BERAGAMA YANG DILANDASI DENGAN IMAN DAN PERCAYA KEPADA TUHAN YANG MAHA KUASA, PERTAMA – TAMA SAYA MENGAJAK KITA SEMUA, UNTUK BERSAMA – SAMA MENAIKKAN PUJIAN DAN RASA SYUKUR KITA KEPADA TUHAN YANG MAHA KUASA, SEBAB DENGAN LIMPAHAN RAHMAT BERKAT, KASIH – NYA, SEHINGGA KITA MASIH DIBERIKAN KESEMPATAN DAN KESEHATAN UNTUK DAPAT MERAYAKAN HARI KELAHIRAN TUHAN YESUS KRISTUS SANG JURU SLAMAT UMAT MANUSIA 25 DESEMBER TAHUN 2013.
WARGA NABIRE YANG SAYA HORMATI
BULAN DESEMBER MERUPAKAN BULAN YANG PENUH DENGAN ANUGERAH DAN RAHMAT CINTA KASIH DIANTARA KITA SEMUA, KHUSUSNYA UMAT KRISTIANI, DIMANA DALAM BULAN INI TEPATNYA TANGGAL 25 DESEMBER AKAN MEMPERINGATI / MERAYAKAN SUATU PERISTIWA PENTING YAKNI HARI KELAHIRAN SANG JURU SLAMAT TUHAN YESUS KRISTUS.

SEBAGAI UNGKAPAN TERIMA KASIH DAN RASA SYUKUR UMAT – NYA KEPADA PUTRA NATAL PEMBAWA KEDAMAIAN DAN KESEJAHTERAAN BAGI UMAT MANUSIA DIATAS MUKA BUMI, TELAH TERDENGAR DIMANA – MANA, ALUNAN LAGU – LAGU NATAL, MAUPUN HIASAN NATAL, BAHKAN DALAM AKTIFITAS MASYARAKAT SEHARI – HARI MEMBERIKAN NUANSA TERSENDIRI YANG MENGGAMBARKAN SUATU PERWUJUDAN UMAT ATAS KEAGUNGAN YESUS KRISTUS.

KELAHIRAN YESUS KRISTUS KEDUNIA INI MEMBERIKAN CERMINAN BAHWA DIA SANGAT MENGASIHI KITA SEBAGAI UMAT CIPTAANNYA, DAN SELANJUTNYA MEMBERIKAN GAMBARAN BAHWA DIA DATANG KEDUNIA SEBAGAI WUJUD MANUSIA UNTUK MEMBERIKAN TELADAN UNTUK MELAKUKAN SEGALA SESUATU YANG BERKENAAN KEPADA BAPA DI SURGA.

SEBAGAI UMAT CIPTAAN – NYA, KITA HARUS MENYADARI DAN MEMAHAMI SEPENUHNYA ARTI DAN MAKNA YANG TERKANDUNG DALAM PERAYAAN NATAL ITU SENDIRI, DIMANA NATAL SELALU MENGANJURKAN KEPADA KITA SUATU KEHIDUPAN YANG PENUH DENGAN KEDAMAIAN.
WARGA NABIRE YANG SAYA HORMATI
DALAM MEWUJUDKAN RASA KEDAMAIAN DIDALAM KEHIDUPAN INI, MAKA PERLU SAYA SAMPAIKAN 4 ( EMPAT ) UNSUR UTAMA DALAM DAMAI YAITU :
PERTAMA :
KITA BERDAMAI DENGAN TUHAN SEBAGAI MAKHLUK CIPTAANNYA DENGAN MELAKSANAKAN FIRMANNYA DENGAN PENUH KEIMANAN, DAN SELALU BERSERAH DAN BERSYUKUR.
KEDUA :
KITA BERDAMAI DENGAN SESAMA UMAT MANUSIA, ARTINYA TIDAK ADA LAGI KEBENCIAN, TIDAK ADA LAGI PERMUSUHAN BAIK ANTAR RAS, SUKU, AGAMA MAUPUN ANTARA KELOMPOK MASYARAKAT YANG ADA.
KETIGA :
KITA BERDAMAI DALAM LINGKUNGAN KELUARGA KITA SENDIRI, BAIK HUBUNGAN SUAMI DENGAN ISTRI, HUBUNGAN KITA DENGAN ORANG TUA, DAN HUBUNGAN KITA DENGAN ANAK – ANAK ATAU SEBALIKNYA, SEHINGGA TERCIPTA KEHARMONISAN DAN KEAKRABAN, BERIKANLAH CONTOH DAN TELADAN YANG BAIK KEPADA ANAK – ANAK BAHKAN BAGI KELUARGA YANG LAIN.
KEEMPAT :
KITA BERDAMAI DENGAN MAKHLUK LAINNYA DAN HABITAT LINGKUNGAN DISEKELILING KITA, SEBAB SEBAGAI UMAT CIPTAAN TUHAN, KITA BERKEWAJIBAN MENJAGA DAN MELESTARIKAN LINGKUNGAN HIDUP DIMANAPUN KITA BERADA, SEHINGGA DAMAI TERCIPTA LEWAT KENYAMANAN DAN KEINDAHAN ALAM SERTA TERHINDAR DARI BENCANA YANG DITIMBULKAN DARI ALAM LINGKUNGAN KITA.
WARGA NABIRE YANG SAYA HORMATI
PADA KESEMPATAN YANG BERBAHAGIA INI, SAYA ATAS NAMA PRIBADI, KELUARGA DAN PEMERINTAH KABUPATEN NABIRE, MENGUCAPKAN SELAMAT MERAYAKAN HARI NATAL KEPADA SEGENAP UMAT KRISTIANI DI KABUPATEN NABIRE, SEMOGA NATAL MEMBAWA KEDAMAIAN DAN KEBAHAGIAN, SERTA MOMENTUM KITA SEMUA UNTUK MEMBAWA PERUBAHAN YANG LEBIH BAIK.
YANG SELANJUTNYA DIHARAPKAN AGAR MELALUI NATAL AKAN LEBIH MENDEKATKAN, LEBIH MENDEWASAKAN DAN LEBIH MEMPERTEBAL KEIMANAN KITA KEPADA TUHAN YANG YANG MAHA KUASA, SERTA DAPAT PEMPERERAT TALI PERSAUDARAAN DAN RASA PERSATUAN DAN KESATUAN BAGI SELURUH UMAT BERAGAMA DALAM KEHIDUPAN BERMASYARAKAT DIDAERAH INI.
DISAMPING KITA MERAKAYAN NATAL DIBULAN YANG PENUH BERKAT DAN RAHMAT INI, KITA JUGA TELAH DIPENGHUJUNG TAHUN 2013 MENYONGSONG TAHUN BARU 1 JANUARI 2014.
PERGANTIAN TAHUN HENDAKNYA KITA MAKNAI SEBAGAI ANUGERAH TUHAN DENGAN PENUH RASA SYUKUR ATAS KEBESARAN NYA.
MASYARAKAT NABIRE YANG SAYA HORMATI
DALAM SUASANA NATAL INI, SAYA SELAKU PIMPINAN PEMERINTAHAN, DAN JUGA SEBAGAI MANUSIA BIASA YANG TENTUNYA TIDAK LUPUT DARI KHILAF DAN SALAH, ATAS NAMA KELUARGA SAYA MENYAMPAIKAN PERMOHONAN MAAF KEPADA SEGENAP WARGA MASYARAKAT KABUPATEN NABIRE, BILA ADA PERBUATAN, TUTUR KATA, SIKAP DAN PREILAKU KAMI YANG KURANG BERKANAAN.
DALAM PERJALANAN TAHUN 2013 YANG SEBENTAR LAGI AKAN KITA TINGGALKAN, SAYA MENYADARI BAHWA MASIH ADA HAL – HAL YANG BELUM DAPAT KITA LAKUKAN, NAMUN ADA JUGA KEBERHASILAN YANG TELAH KITA RAIH.
DAN KEBERHASILAN YANG KITA RAIH MEMANG TIDAKLAH MUDAH, NAMUN BERKAT DUKUNGAN DAN PARTISIPASI AKTIF MASYARAKAT TERUTAMA DALAM MENCIPTAKAN SITUASI YANG AMAN KONDUSIF.
BERKAITAN DENGAN PARAYAN NATAL 25 DESEMBER DAN TAHUN BARU 2013, MAKA PERLU SAYA INGATKAN UNTUK MENJADI PERHATIAN KITA SEMUA ADALAH, SELALU MENJAGA SITUASI AGAR TETAP KONDUSIF, AMAN DAN DAMAI.

KELAHIRAN YESUS DIATAS MUKA BUMI YANG KITA RAYAKAN SEBAGAI HARI NATAL, HENDAKNYA JANGAN KITA RAYAKAN HANYA SECARA LAHIRIAH, NAMUN DENGAN PERAYAAN NATAL DIWAJIBKAN UNTUK BERBUAT SESUATU YANG BERMANFAAT, MEWUJUDKAN SESUATU BAGI DUNIA, YANG SUDAH BARANG TENTU KEGIATAN DAN PELAYANAN YANG DILAKUKAN UMAT UNTUK MEMBERKATI DIANTARA SESAMA, AGAR LEBIH DITINGKATKAN LAGI.
DENGAN KEGIATAN DEMIKIAN MENCERMINKAN WUJUD KEIMANAN KITA DALAM MEMBANGUN MANUSIA SEUTUHNYA SERTA MEWUJUDKAN AKAN APA YANG MENJADI VISI MISI PEMBANGUNAN PEMERINTAH KABUPATEN NABIRE YANG BERMUARA PADA KONDISI MASYARAKAT KABUPATEN NABIRE YANG BERKEADILAN, SEJAHTERA, MAKMUR DAN MANDIRI.
AKHIRNYA ATAS NAMA PRIBADI, KELUARGA DAN PEMERINTAH, SAYA MENGUCAPKAN SELAMAT HARI NATAL 25 DESEMBER 2013 DAN MENYAMBUT TAHUN BARU 1 JANUARI 2014, YANG MERUPAKAN LADANG PERSEMAIAN MANUJU NABIRE YANG PENUH KEDAMAIAN DAN CINTA KASIH.
SEKIAN DTERIMA KASIH, TUHAN MEMBERKATI KITA.

S Y A L O M

BUPATI NABIRE

ISAIAS DOUW, S.Sos

Leave a Comment

*

code