nabirekab.go.id,-  Bertempat di  halaman Kantor BPBD jalan poros samabusa km 10 sanoba, Rabu (08/06/2016), kegiatan Sosialisasi Gempa Bumi dan Tsunami yang dilaksanakan oleh BPBD Nabire selama 2 hari dari tanggal 7 dan 8 Juni 2016, akhirnya di tutup secara resmi oleh Wakil Bupati Kabupaten Nabire Amirulah Hasim,S.Ip, M.Si. Sebelum acara penutupan di mulai, Wakil Bupati Amirulah Hasim bersama Sekda Drs Johny Pasande beserta Forkopimda Kabupaten Nabire, menyaksikan secara langsung Simulasi Gempa Bumi dan Tsunami yang diperagakan oleh beberapa Instansi terkait dan para relawan diantaranya ; BPBD Kabupaten Nabire, Kantor BMKG, Basarnas, TNI,POLRI, Tim Kesehatan RSUD, Dinas Sosial, Pramuka, Siswa SMP Negeri 8 Sanoba serta Tim relawan lainnya yang berasal dari beberapa SKPD dilingkungan Pemerintah Kabupaten Nabire. b4Kegiatan Simulasi ini mengambil dua titik tempat pelaksanaan yaitu titik pertama sebagai pusat gempa yang mengakibatkan terjadinya kerusakan dan korban jiwa bertempat di SMP Negeri 8 Sanoba dalam serta titik yang ke dua bertempat di halaman Kantor BPBD jalan Poros Samabusa km 10 Sanoba.

b2Mengawali sambutannya, Wakil Bupati Amirulah Hasim mengatakan, penanggulangan bencana merupakan rangkaian usaha yang meliputi penetapan kebijakan pembangunan yang beresiko timbulnya bencana, kegiatan pencegahan bencana, tanggap darurat dan rehabilitasi. Lanjutnya, Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD), tentunya memiliki kewenangan, peran dan fungsi yang sangat besar dalam hal ini, sehingga lebih siap dan tanggap dalam menanggulangi suatu bencana, baik sebelum bencana maupun paska terjadinya bencana.

b3Dikatakan Wakil Bupati, setelah dua hari berada di tempat ini, para peserta telah banyak dibekali dengan berbagai hal, baik tentang tugas pokok dan fungsi BPBD, maupun hal-hal yang menyangkut kesiapsiagaan kedaruratan dalam menghadapi bencana, sehingga mampu mengurangi kerugian yang ditimbulkan dari suatu bencana itu sendiri, yang pelaksanaannya dibutuhkan koordinasi, kerja sama kita semua selaku elemen masyarakat yang ada di daerah ini. Selanjutnya Dirinya berharap melalui kegiatan sosialisasi ini dapat terwujud sinergitas antara Pemerintah dan Masyarakat dalam merumuskan berbagai kebijakan, dan program yang strategis, kedepannya penanggulangan bencana didaerah ini tidak hanya dilakukan secara parsial akan tetapi secara menyeluruh dan terpadu dalam rangka mewujudkan masyarakat nabire yang lebih “Berkeadilan, Sejahtera, Makmur dan Mandiri.”

b1Mengakhiri sambutannya, Wakil Bupati mengucapkan terima kasih kepada Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah, baik dari Provinsi maupun Kabupaten Nabire beserta jajarannya, atas terselenggaranya kegiatan sosialisasi ini, semoga dapat bermanfaat bagi kita semua. (U.R)

 

 5 total views,  2 views today

Leave a Reply

Your email address will not be published.