Nabirekab.go.id – Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Kabupaten Nabire melauncurkan majalah pemerintah Kabupaten Nabire “Nabire Hebat” pada Senin, 30 Mei 2022 di Kantor Diskominfo Nabire.

Pelaksana Tugas (Plt.) Diskominfo Nabire, Yermias Degei mengatakan, majalah “Nabire Hebat” diluncurkan dalam rangka memberikan informasi dan data statistik sektoral sebagai hak masyarakat Kabupaten Nabire sesuai amanat UU No.14 tahun 2008 dan implementasi salah satu tugas dan fungsi Diskominfo yakni membantu Bupati di bidang komunikasi, informatika, persandian, statistik dan tugas pembantuan terkait.

Dijelaskan Degei, hak memperoleh informasi merupakan hak asasi manusia dan keterbukaan informasi publik merupakan salah satu ciri penting negara demokratis yang menjunjung tinggi kedaulatan rakyat untuk mewujudkan penyelenggaraan negara yang baik.

Dikatakan Degei, alasan lahirnya UU KIP adalah dalam rangka mengoptimalkan pengawasan publik terhadap penyelenggaraan negara dan badan publik lainnya dan segala sesuatu yang berakibat pada kepentingan publik dan dalam rangka mengembangkan masyarakat informasi.

“Jadi, Bupati Mesak Magai, S.Sos., M.Si sesuai dengan visi dan misi, inginkan agar Diskominfo menjalankan fungsi layanan informasi dan data kepada publik. Karena itu, sesuai petunjuk Bupati kami meluncurkan majalah setebal 64 halaman yang berisi data statistik sektoral dan informasi yang berkenaan dengan pelaksanaan kebijakan dan program pemerintah Kabupaten Nabire dalam kerangka pemenuhan hak Informasi publik. Informasi merupakan kebutuhan pokok setiap orang bagi pengembangan pribadi dan lingkungan sosialnya serta merupakan bagian penting bagi ketahanan nasional,” kata Degei.

“Sesungguhnya, kami luncurkan bersamaan dengan hasil redesain website pemkab Nabire, yakni nabirekab.go.id tetapi masih dalam tahap pengerjaan. Data juga belum seluruhnya di-update. Bidang terkait Diskominfo Nabire tengah mengumpulkan data-data terkait sehingga kami berharap seluruh data yang dibutuhkan masyarakat dapat terupload segera” kata Degei.

Oleh karena itu, Yermias berharap, dengan adanya majalah dan Website yang merupakan bagian dari Media Center yang telah dibentuknya, ke depan dapat menjamin hak warga Nabire untuk mengetahui rencana pembuatan kebijakan publik, program kebijakan publik, dan proses pengambilan keputusan publik, serta alasan pengambilan suatu keputusan publik, juga diharapkan dapat mendorong partisipasi masyarakat dalam proses pengambilan kebijakan publik dan meningkatkan peran aktif masyarakat dalam pengambilan kebijakan publik dan pengelolaan badan publik yang baik.

Kata dia, sehingga dapat mewujudkan penyelenggaraan pemerintahan kabupaten Nabire yang baik, yaitu yang transparan, efektif dan efisien, akuntabel serta dapat dipertanggungjawabkan. ***

By admin

Leave a Reply

Your email address will not be published.