Upacara Peringatan Detik-detik Proklamasi, Pengibaran dan Penurunan Bendera pada Hari Ulang Tahun Kemerdekaan Republik Indonesia yang ke-71 Kab. Nabire tahun 2016

merdeka3Nabirekab.go.id – Acara inti dalam rangkaian kegiatan Perayaan HUT Kemerdekaan RI ke-71 berupa Pengibaran sang Merah Putih dan peringatan detik-detik proklamasi berlangsung lancar. Upacara yang dipusatkan di lapangan Sapta Marga Kodim Kabupaten Nabire pada hari Rabu tanggal 17 Agustus 2016 tersebut dipimpin langsung oleh Bupati Nabire Isaias Douw, S.Sos. MAP. selaku Inspektur upacara dan Lettu. Inf. Nimrot Dwith dari Kesatuan Yonif Raider Khusus 753/AVT Nabire sebagai Komandan Upacara. Sementara itu,tampak hadir Jajaran Forkopimda beserta Ibu, Pejabat di Lingkungan Pemerintah Daerah Nabire, dan diikuti pula oleh satuan TNI/Polri, Satpol PP, para pelajar tingkat SD hingga perguruan tinggi, Jajaran PNS, serta berbagai komponen masyarakat.

 Adapun yang menjadi Tema Nasional HUT Kemerdekaan RI yang ke 71 adalah “ INDONESIA KERJA NYATA“.

Pengibaran Bendera merah Putih oleh Pasukan Pengibar Bendera (Paskibra) berlangsung lancar dan tertib, sebelumnya Bendera Pusaka diserahkan oleh Inspektur Upacara kepada anggota Paskibra pembawa Bendera atas namaYolanda R , Siswi dari SMA YPPK Adhi Luhur Nabire. dengan diiringi lagu kebangsaan Indonesia Raya, Sang Dwi warna Bendera Merah Putih berkibar gagah diangkasa.

merdeka1 merdeka2 merdeka3

Berikutnya Pembacaan teks Proklamasi oleh  Wakil Ketua I DPRD Nabire, Ibu Mercy Kegou menandai peringatan detik-detik Proklamasi. Dan dilanjutkan dengan Pembacaan Naskah Pembukaan Undang-Undang Dasar Negara RI tahun 1945 oleh Ketua KNPI Nabire, Bpk Norbertus Mote, SH.

Pembacaan Do’a menutup Upacara bendera dan dilanjutkan dengan pengumuman sekaligus pemberian hadiah bagi para pemenang lomba.

 Upacara Penurunan Bendera

Masih dihari yang sama Pukul 17.00 Wit Upacara Penurunan Bendera yang juga dilaksanakan di lapangan Sapta Marga Kodim. Kali ini dipimpin oleh Wakil Bupati Nabire Amirullah Hasyim, SIP, MM. sebagai Inspektur Upacara. Seperti halnya upacara kenaikan bendera pada pagi hari, Upacara Penurunan Bendera juga dihadiri oleh Jajaran Forkopimda dan semua komponen masyarakat beserta para pelajar se-Kabupaten Nabire.

Dibayangi kesahajaan suasana senja, Sang Merah Putih diturunkan oleh anggota Paskibra Kab. Nabire yang bertugas, seraya diiringi alunan lagu Indonesia Raya, sekaligus menandai berakhirnya pelaksanaan tugas anggota Paskibra di hari itu.

turunbendera2 turunbendera1 turunbendera3

Leave a Comment

*

code