BPKAD

BADAN PENGELOLA KEUANGAN DAN ASET DAERAH

Gedung BPKAD Nabire

Struktur Organisasi
Badan Pengelola Keuangan dan Aset Daerah (BPKAD) Kab. Nabire dibentuk berdasarkan Peraturan Daerah Nomor 6 Tahun 2008 tentang Organisasi dan Tata Kerja Lembaga Teknis Daerah dan Peraturan Bupati Nomor 58 tahun 2009 tentang Struktur Organisasi, Penjabaran Tugas Pokok dan Fungsi serta Tata Kerja Pengelolaan Keuangan Daerah.

Skema BPKAD Kab. Nabire
Gambar Struktur organisasi & tata kerja BPKAD Kab. Nabire

Badan Pengelola Keuangan dan Aset Daerah ( BPKAD ) berkedudukan sebagai unsur penunjang Pemerintah Daerah, dipimpin oleh seorang Kepala Badan yang berada dibawah dan bertanggungjawab kepada Bupati melalui Sekertaris Daerah Kabupaten Nabire.
Badan Pengelola Keuangan dan Aset Daerah mempunyai tugas membantu Bupati dalam penyelenggaraan pemerintahan daerah dibidang pengelolaan keuangan daerah.
Dalam melaksanakan tugas tersebut, Badan Pengelola Keuangan dan Aset Daerah menyelenggarakan fungsi :
1. Perumusan kebijakan teknis di bidang pengelolaan keuangan daerah
2. Pemberian pelayanan penunjang penyelenggaraan Pemerintah Daerah
3. Penyusunan dan pelaksanaan kebijakan pengelolaan APBD
4. Penyusunan Rancangan Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD)
5. Pelaksanaan fungsi Bendahara Umum Daerah
6. Penyusunan Laporan Keuangan yang merupakan pertanggungjawaban pelaksanaan APBD
Struktur Organisasi Badan Pengelola Keuangan dan Aset Daerah Kabupaten Nabire terdiri dari :
1. Kepala Badan
2. Sekretaris terdiri dari :
a) Sub Bagian Umum dan Kepegawaian
b) Sub Bagian Program dan Pelaporan
c) Sub Bagian dan Keuangan
3. Bidang Anggaran terdiri dari :
a) Sub Bidang Perencanaan Anggaran
b) Sub Bidang Otorisasi
4. Bidang Akuntansi terdiri dari :
a) Sub Bidang Verifikasi dan Pelaporan
b) Sub Bidang Akuntansi
5. Bidang Belanja
a) Sub Bidang Perbendaharaan
b) Sub Bidang Belanja Pegawai
6. Bidang Aset
a) Sub Bidang Perencanaan dan Pengadaan
b) Sub Bidang Inventarisasi dan Dokumen.
7. Kelompok Jabatan Fungsional

Tugas pokok dan fungsi
A. Kepala Badan.
Tugas :
Melaksanakan tugas tertentu dibidang pengelolaan keuangan dan aset daerah.
Fungsi :
• Pelaksanaan penataan organisasi, kelembagaan dan peningkatan kapasitas sumber daya aparatur pengelola keuangan daerah kabupaten.
• Penetapan Perda tentang pokok-pokok pengelolaan keuangan daerah.
• Penetapan standar satuan harga dan analisis standar belanja daerah kabupaten.
• Perencanaan anggaran penanganan urusan pemerintah kabupaten.
• Penetapan perda tentang APBD dan perubahan APBD.
• Penetapan kebijakan pengelolaan investasi dan aset daerah kabupaten.
• Pelaksanaan pengelolaan investasi dan aset daerah kabupaten.
• Pengawasan pengelolaan investasi dan aset daerah kabupaten.
• Fasilitasi pengelolaan dan aset daerah pemekaran skala kabupten.
• Penetapan kebijakan pengelolaan BUMD dan lembaga keuangan mikro kabupaten.
• Pelaksanaan pengelolaan BUMD dan lembaga keuangan mikro kabupaten, serta pembinaan dan pengawasan Badan Usaha Milik Desa.
• Pengawasan pengelolaan BUMD dan lembaga keuangan mikro kabupaten, serta pembinaan dan pengawasan Badan Usaha Milik Desa.
• Penetapan kebijakan pengelolaan pinjaman dan obligasi daerah serta BLU kabupaten.
• Pelaksanaan pengelolaan pinjaman dan obligasi daerah, serta BLU kabupaten.
• Pengawasan pinjaman dan obligasi daerah, serta BLU kabupaten.
• Pengelolaan data dasar penghitungan alokasi DAU kabupaten.
• Pengelolaan DAU kabupaten.
• Pelaporan pengelolaan DAU kabupaten.
• Usulan program dan kegiatan kabupaten untuk didanai dari DAK.
• Pengelolaan DAK (bagi kabupaten yang menerima DAK).
• Pengendalian dan pelaporan pengelolaan DAK.
• Penyiapan data realisasi penerima DBH kabupaten.
• Pengendalian dan pelaporan pengelolaan DBH.
• Penetapan kebijakan tentang sistem dan prosedur akuntansi pengelolaan keuangan daerah kabupaten dan kampung.
• Penyusunan laporan keuangan dan pertanggungjawaban pelaksanaan APBD kabupaten APB kampung.
• Evaluasi laporan pertanggungjawaban pelaksanaan APB kampung.
• Penetapan kebijkana laporan keuangan dan pertanggungjawaban pelaksanaan pendanaan urusan pemerintahan yang menjadi tanggungjawab bersama (urusan concurrent)
• Fasilitasi penyusunan laporan keuangan dan pelaksanaan APB kampung.
• Menyampaikan laporan penyelenggaraan pemerintahan dibidang pengelolaan keuangan dan aset daerah melalui Sekretaris Daerah, setiap triwulan, semester dan akhir tahun kepada bupati.
• Menyampaikan LAKIP Badan Pengelola Keuangan dan Aset Daerah, setiap akhir tahun kepada Bupati melalui Sekretaris Daerah.
• Menyampaikan laporan keuangan dan neraca per 31 Desember kepada Bupati melalui Sekretaris Daerah.
• Melaksanakan tugas lain yang diberikan oleh Bupati sesuai dengan tugas dan fungsinya.
• Melaporkan hasil kerja kepada atasan.

B. Sekretariat.
Tugas :
Melaksanakan urusan umum, kepegawaian, keuangan dan perencanaan.
Fungsi :
• Perencanaan, program dan pelaporan serta pembinaan organisasi dan tatalaksana.
• Pengelolaan administrasi kepwgawaian.
• Pengelolaan administrasi keuangan.
• Pengelolaan urusan rumah tangga dan perlengkapan, surat menyurat dan kearsipan.
• Pelaksanaan koordinasi.
• Pelaksanaan utgas lain yang diberikan atasan.
• Melaporkan hasil kerja kepada atasan.
Dalam melaksanakan tugas pokok dan fungsinya Bagian Sekretariat dibantu oleh beberapa Sub Bagian yaitu :
1. Sub Bagian Umum dan Kepegawaian;
Tugas :
Melaksanakan sebagian tugas Sekretariat dibidang umum dan kepegawaian.
Fungsi :
a. Melaksanakan urusan surat-menyurat dan kearsipan;
b. Melaksanakan urusan rumah tangga dan perlengkapannya.
c. Melakukan penyiapan bahan penyusunan rencana kebutuhan dan pengembangan pegawai, mutasi pegawai dan administrasi kepegawaian.
d. Melaksanakan koordinasi.
e. Melaksanakan tugas lainnya yang diberikan oleh atasan.
2. Sub Bagian Program dan Pelaporan;
Tugas :
Melaksanakan sebagian tugas Sekretariat dibidang Program dan Pelaporan.
Fungsi :
a. Melakukan penyiapan bahan penyusunan anggaran pendapatan dan belanja dinas.
b. Melakukan pembukuan, perhitungan anggaran dan verifikasi serta perbendaharaan.
c. Melakukan pengumpulan, analisis dan penyajian data statistik.
d. Menyiapkan bahan penyusunan rencana dan penyiapan bahan laporan dinas.
e. Melakukan pembinaan organisasi dan tata laksana.
f. Melaksanakan koordinasi.
g. Melaporkan hasil kerja kepada atasan.
h. Melaksanakan tugas lain yang diberikan atasan.
3. Sub Bagian Program dan Pelaporan;
Tugas :
Melaksanakan sebagian tugas Sekretariat dibidang keuangan.
Fungsi :
a. Melakukan penyiapan bahan penyusunan anggaran pendapatan dan belanja dinas.
b. Melakukan pembukuan, perhitungan anggaran dan verifikasi serta perbedaharaan.
c. Melaksanakan koordinasi.
d. Melaporkan hasil kerja kepada atasan.
e. Melaksanakan tugas lain yang diberikan atasan.

C. Bidang Anggaran.
Tugas :
Melaksanakan sebagian tugas BPKAD di bidang Anggaran.
Fungsi :
a. Penyusunan anggaran daerah.
b. Penyiapan surat penyediaan dana.
c. Melaksanakan koordinasi dan melaporkan hasil kerja kepada atasan
Dalam melaksanakan tugas pokok dan fungsinya Bidang Anggaran dibantu oleh beberapa Sub Bidang yaitu :
1. Sub bidang perencanaan Anggaran;
Tugas :
Melaksanakan sebagian tugas bidang anggaran di bidang perencanaan anggaran.
Fungsi :
a. Melaksanakan pengkajian kebijakan belanja daerah.
b. Melaksanakan penyusunan anggaran daerah.
c. Melaksanakan penyusunan jumlah anggaran pendapatan dan belanja daerah (APBD).
d. Menyelenggarakan standarisasi harga barang dan jasa.
2. Sub bidang Otorisasi Anggaran;
Tugas :
Melaksanakan sebagian tugas bidang anggaran di bidang otorisasi anggaran.
Fungsi :
a. Melaksanakan penyiapan surat dan penyediaan dana.
b. Melaksanakan koordinasi.
c. Melaporkan hasil kerja kepada atasan
d. Melaksanakan tugas lain yang diberikan atasan.

D. Bidang Belanja.
Tugas :
Melaksanakan sebagian tugas BPKAD di bidang Belanja.
Fungsi :
a. Pengelolaan belanja rutin.
b. Pengelolaan belanja pegawai.
c. Melaksanakan koordinasi.
d. Melaporkan hasil kerja kepada atasan
e. Melaksanakan tugas lain yang diberikan atasan.
Dalam melaksanakan tugas pokok dan fungsinya Bidang Belanja dibantu oleh beberapa Sub Bidang yaitu :
1. Sub bidang Perbendaharaan;
Tugas :
Melaksanakan sebagian tugas bidang perbendaharaan di bidang perbendaharaan.
Fungsi :
a. menyelenggarakan pengelolaan perbendaharaan.
b. Melaksanakan koordinasi.
c. Melaporkan hasil kerja kepada atasan.
d. Melaksanakan tugas lain yang diberikan atasan.
2. Sub bidang Belanja pegawai;
Tugas :
Melaksanakan sebagian tugas bidang belanja di bidang belanja pegawai.
Fungsi :
 Menyelenggarakan pengelolaan penerbitan SPP.
 Menyelenggarakan pengelolaan penerbitan SPMU.
 Menyelenggarakan pengelolaan anggaran belanja pegawai.
 Melakukan pengujian kebenaran dan keabsahan Surat Keputusan Penghentian pembayaran SPP anggaran belanja pegawai.
 Melaksanakan koordinasi.
 Melaporkan hasil kerja kepada atasan
 Melaksanakan tugas lain yang diberikan atasan.

E. Bidang Akuntansi.
Tugas :
Melaksanakan sebagian tugas BPKAD di bidang Akuntansi.
Fungsi :
1. Penyelenggaraan pembukuan
2. Penyelenggaraan verifikasi keuangan daerah.
3. Pelaksanaan pelaporan keuangan daerah.
4. Melaksanakan koordinasi.
5. Melaporkan hasil kerja kepada atasan.
6. Melaksanakan tugas lain yang diberikan oleh atasan.
Dalam melaksanakan tugas pokok dan fungsinya Bidang Akuntansi dibantu oleh beberapa Sub Bidang yaitu :
1. Sub bidang akuntansi
Tugas :
Melaksanakan sebagian tugas bidang Akuntansi di bidang Akuntansi.
Fungsi :
a. Menyelenggarakan pengelolaan pembukuan realisasi pendapatan dan belanja daerah
b. Melaksanakan analisis realisasi pendapatan dan belanja daerah
c. Melaksanakan koordinasi
d. Melaporkan hasil kerja kepada atasan
e. Melaksanakan tugas lain yang dibrikan oleh atasan
2. Sub bidang verifikasi dan pelaporan
Tugas :
Melaksanakan sebagian tugas bidang Akuntansi di bidang verifikasi dan pelaporan.
Fungsi :
 Melaksanakan verifikasi atas pertanggungjawaban pendapatan dan belanja daerah
 Menyelenggarakan pembinaan administrasi bagi pemegang kas
 Melaksanakan/memberikan bahan pertimbangan penertiban surat perintah membayar dan pelaporan
 Melaksanakan koordinasi
 Melaoprkan hasil kerja kepada atasan
 Melaksanakan tugas lain yang diberikan oleh atasan

F. Bidang Aset.
Tugas :
Melaksanakan sebagian tugas BPKAD di bidang Aset.
Fungsi :
1. Penyelenggaraan perencanaan dan pengadaan
2. Penyelenggaraan inventarisasi dan dokumentasi
3. Melaksanakan koordinasi
4. Melaporkan hasil kerja kepada atasan
5. Melaksanakan tugas lain yang diberikan oleh atasan
Dalam melaksanakan tugas pokok dan fungsinya Bidang Aset dibantu oleh beberapa Sub Bidang yaitu :
1. Sub bidang Perencanaan dan pengadaan
Tugas :
Melaksanakan sebagian tugas bidang Aset di bidang perencanaan dan pengadaan.
Fungsi :
a. Menyelenggarakan pengelolaan perencanaan barang dan jasa yang terorganisir
b. Melaksanakan pengadaan barang atau jasa yang diperlukan oleh pemerintah daerah
c. Melakukan pengelolaan terhadap aset daerah
d. Melaksanakan koordinasi
e. Melaporkan hasil kerja kepada atasan
f. Melaksanakan tugas lain yang diberikan oleh atasan
2. Sub bidang Inventarisasi dan dokumentasi
Tugas :
Melaksanakan sebagian tugas bidang Aset di bidang Inventarisasi dan dokumentasi.
Fungsi :
a. Menyelenggarakan pengelolaan inventarisasi aset-aset daerah
b. Melaksanakan dokumentasi aset-aset daerah
c. Melaksanakan koordinasi
d. Melaporkan hasil kerja kepada atasan
e. Melaksanakan tugas lain yang diberikan oleh atasan

G. Kelompok Jabatan Fungsional.
Mempunyai tugas melaksanakan sebagian fungsi dan tugas Badan Pengelola Keuangan dan Aset Daerah secara proporsional sesuai kebutuhan.

Leave a Comment

*

code