IBADAH SYUKUR HARI JADI 57 TAHUN YPK DI TANAH PAPUA DI TANDAI DENGAN PENCANANGAN PELETAKAN BATU PERTAMA MONUMEN PANDITA I.S.KEJNE

nabirekab.go.id,- Bertempat di halaman sekolah SMA YPK Tabernakel Nabire, Jumat  8 Maret 2019, dilaksanakan ibadah syukur dalam rangka memperingati  hari jadi ke – 57 Yayasan Pendidikan Kristen (YPK) di Tanah Papua. Hadir dalam acara tersebut Bupati Kabupaten Nabire yang diwakili oleh Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten  Nabire, Pimpinan OPD Kabupaten Nabire, Pimpinan Klasis GKI Nabire, Nabire Timur dan Nabire Barat, Pengurus YPK di Tanah Papua Klasis Nabire, Ketua-ketua Yayasan Pendidikan Kristen (YPK), YPPK dan YPPGI serta YAPIS Kabupaten Nabire, Pengelola Sekolah Wilayah (PSW) YPK, Pimpinan Gereja-Gereja Kristen di Tanah Papua, Alumi YPK angkatan 94, serta para undangan diantaranya Kepala Dinas Perikanan dan Kelautan Provinsi Papua Drs. F.X. Mote, M.Si dan Bupati Puncak Jaya Yuni Wonda, S.Sos, S.Ip, MM, yang hadir sebagai Alumni  YPK di Tanah Papua.

Acara ibadah syukur hari jadi 57 tahun YPK di Tanah Papua dimulai dengan Persiapan ibadah lewat puji-pujian dilanjutkan dengan laporan dari ketua PSW YPK Nabire yang di sampaikan oleh Drs. Bass Watopa, M.Si, dan dilanjutkan dengan sambutan dari Badan Pekerja Klasis GKI Nabire yang disampikan oleh Pdt. Esau Wospakrik, S.Th, dan setelah itu dilanjutkan dengan sambutan dari perwakilan alumni YPK Nabire angkatan 94 yang disampaikan oleh Bupati Puncak Jaya Yuni Wonda, dan setelah itu sambutan tertulis dari Bupati Nabire yang dibacakan oleh Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Nabire Daniel Maipon, S.Sip, M.Si.

Dalam sambutannya Bupati Nabire Isaias Douw, menyampaikan terima kasih disertai penghargaan yang setinggi-tingginya kepada Ketua YPK, Panitia pelaksana kegiatan HUT ke-57 YPK di Tanah Papua dan seluruh umat Kristen atas dukungan dan partisipasinya dalam mendukung kegiatan ini sehingga dapat berjalan dengan baik, aman, lancar dan sukses. Bupati Isaias Douw juga mengajak kita semua, sejenak melihat ke belakang tentang sejarah perkembangan YPK di Tanah papua, di mana Yayasan Pendidikan Kristen terbentuk atas pemikiran dua orang Zendiling yakni Ottow dan Geissler untuk memisahkan antara Pekabaran dan Pengajaran. Sehingga pada tahun 1856 mereka mendirikan sebuah sekolah di Mansinam.

Lanjutnya, dalam perkembangan Pendidikan Kristen di Tanah Papua, telah berhasil mengangkat harkat dan martabat masyarakat Papua dari ketertinggalan dan memberikan kontribusi yang amat besar bagi upaya meningkatkan Sumber Daya Manusia di Tanah Papua, serta lewat ibadah syukur ini sebagai wahana evaluasi berbagai kegiatan yang telah dilaksanakan maupun yang belum dilaksanakan.

Mengakhiri sambutan, Bupati Isaias Douw menyampaikan terima kasih kepada seluruh masyarakat terutama warga YPK, atas dukungan dan perannya dalam menciptakan situasi dan kondisi yang semakin kondusif di daerah ini. Dirinya juga mengharapkan agar tetap kita semua menjaga keamanan daerah ini, khususnya mari kita mensukseskan pesta demokrasi, Pemilu 17 April 2019 nanti.

Peringatan HUT ke-57 YPK di Tanah Papua  tahun 2019 ini mengetengahkan Thema :”Ajarlah Mereka Melakukan Kehendak-Ku”. Dengan Sub Thema :” Melalui hari Jadi 57 tahun YPK di tanah Papua, kita bertekad tingkatkan pelayan pendidikan secara demokratis, kreatif dan inovatif.

Setelah sambutan dari Bupati Nabire yang dibacakan oleh Kepala Dinas Pendidikan, Acara ibadah syukur hari jadi 57 Tahun YPK di Tanah Papua dilanjutkan dengan Ibadah bersama yang dipimpin oleh Pdt. D. Situru, S.Th, M.Pd.  Akhir dari acara HUT YPK ke-57, dimulainya pencanangan Reuni akbar alumni YPK yang dilanjutkan dengan Peletakan Batu pertama Tugu wisata / Taman Kota Pembangunan Monumen (Patung) Pandita Izaak Samuel Kijne. Sang pendidik dan pelopor peradapan baru di tanah Papua yang dikoordinir oleh para Alumni YPK yang mana juga memberikan sumbangan berupa uang sebesar Rp. 100.000.000,- guna mendukung  pembangunan monument pandita I.S. Kijne yang diserahkan oleh bapak Yuni Wonda dan diterima oleh ketua  PSW YPK Kabupaten Nabire Bapak  Bass Watopa (u.r)

Leave a Comment

*

code