Pemberian Makanan Tambahan Anak Sekolah (PMTAS) di Kabupaten Nabire

nabirekab.go.id, Pada  tanggal  11 dan 14 Januari  2019 bertempat di 4 (empat) Lokasi Sekolah Kampung Kali Merah (Nabire Barat), Kampung  Kimi dan Sanoba ( Teluk Kimi), Kelurahan Siriwini ( Nabire) penerima kegiatan PMTAS Kabupaten Nabire  dilaksanakan kegiatan  Pemberian  Makanan Tambahan Anak Sekolah (PMT-AS). Kegiatan dalam  rangka melaksanakan  salah satu kegiatan Program Peningkatan Ketahanan Pangan  Dinas Ketahanan Pangan Kabupaten Nabire Tahun Anggaran 2018.

Hadir pada kegiatan tersebut beberapa perwakilan dari Inspektorat  Kabupaten, BP4D (Bappeda) beserta tim panitia kegiatan dan dari staf  Bidang Konsumsi dan Penganekaragaman Pangan

Untuk kegiatan awal dilakukan Sosialisasi terlebih  dahulu, agar para peserta mengerti maksud dan tujuan dari kegiatan yang akan dilakukan.  Kegiatan diawali oleh sambutan dari Kepala Bidang Konsumsi dan Penganekaragaman Pangan yang kemudian  dilanjutkan oleh Kepala Dinas Ketahanan Pangan  Kabupaten Nabire Daud Buiney, S. Sos. .Kemudian penyerahan kepada pihak Sekolah berupa Paket PMT-AS  berupa ( Peralatan Memasak dan Bahan Makanan) Paket ini selanjutnya akan dibagikan kepada anak sekolah yaitu dari  TK YPK Dance Paulus Kampung Sanoba Distrik Nabire, SDN Boratei Kampung Kimi Distrik Teluk Kimi, TK Paud Lahai Roi Kelurahan Siriwini Distrik Nabire, SDN Wako Kampung Kalimerah Distrik Nabire Barat. Kegiatan berlangsung dengan tertib dan lancar.

Sedangkan kegiatan    PENANGANAN DAERAH RAWAN PANGAN yang di laksanakan Dinas Ketahanan Pangan Kabupaten Nabire bertempat 3 (tiga) Distrik yaitu Distrik Siriwo, Yaur dan Wapoga. Kabupaten Nabire masih terdpat beberapa kampung yang masuk dalam kategori daerah rawan pangan yang perlu mendapat perhatian dari berbagai pihak untuk upaya penanganannya.  Dinas ketahanan Pangan Kabupten Nabire, pada bulan November 2018, melalui Kegiatan Pelatihan Gerakan Pangan Lokal telah memberikan paket bantuan sarana produksi pertanian  kepada : Kelompok Tani PAUFO  Kampung Siriwo, Kelompok tani EPODI Kampung Epomani Distrik Siriwo, Kelompok tani Harapan Maju Kampung Akudiomi Distrik Yaur dan Kelompok tani PELITA KASIH Kampung Kamarisano Distrik Wapoga sebagai sasaran kegiatan Penanganan Daerah Rawan Pangan yang bersumber dari Dana Otonomi Khusus T.A. 2018 sesuai dengan Dokumen Pelaksanaan Anggaran (DPA) Nomor : 2.03.01.2.03.16.1 tanggal 17 Januari 2018 .

Sasaran kegiatan ini  adalah kelompok tani daerah rawan pangan. Paket Bantuan yang diterima kelompok tani berupa : Hansprayer, sabit, sekop, pacul,  benih palawija, benih sayuran, insektisida, herbisida dan pupuk.

Tujuan yang diharapkan dalam pelaksanaaan kegiatan ini antara lain :

  1. Memberikan bekal ketrampilan teknis kepada masyarakat/petani dalam rangka bercocok tanam sayuran dan palawija agar dapat memenuhi kebutuhan bahan pangan lokal dikampungnya.
  2. Memberikan stimulant atau motivasi agar masyarakat/petani mau menanam paket benih yang diberikan agar dapat memanfaatkan potensi lahan yan ada disekitarnya guna menambah penghasilan keluarganya.
Uncategorized

Leave a Comment

*

code