Detik-Detik Proklamasi HUT R.I Ke 73 Tingkat Kabupaten Nabire Tahun 2018 Berlangsung Dengan Aman Dan Sukses

nabirekab.go.id- Peringatan detik-detik Proklamasi  17 Agustus  dan Hari Ulang Tahun (HUT) Kemerdekaan Republik Indonesia ke-73 Kabupaten Nabire tahun 2018 dipusatkan di lapangan Sapta Marga Kodim 1705 / Paniai, Jumat (17/8/18) berlangsung dengan aman dan sukses. Bertindak selaku Inspektur upacara Bupati Nabire Isaias Douw, S.Sos, MAP dengan komandan upacara Lettu Cba M. Lukman Taufik serta bertindak sebagai Perwira Upacara Kapten Inf Suprasto Mami.

Hadir pada acara peringatan HUT kemerdekaan RI ke- 73 antara lain, Bupati Nabire, Wakil Bupati Nabire, Sekda Nabire, Sekwan Nabire, Dandim 1705/Paniai, Kapolres Nabire, Komandan Zipur 12 OHH,  Kepala Kejaksaan Negeri, Kepala Pengadilan Negeri, Wakil Ketua I beserta anggota DPRD Kabupaten Nabire, Para Veteran RI, Pejabat Esalon IV, III dan II di lingkungan Pemda Nabire, Tokoh Adat, Tokoh Masyarakat, Tokoh Pemuda, Tokoh Agama, Tokoh Perempuan, Dharma Wanita Kabupaten Pimpinan Perguruan Tinggi serta undangan lainnya. Sedangkan peserta Upacara diikuti oleh berbagai institusi baik dari Aparatur Sipil Negara (ASN), TNI / POLRI, ORMAS, Pramuka serta  Kalangan Pelajar dan mahasiswa .

Pada peringatan HUT dan Detik-detik Proklamasi Kemerdekaan RI ke- 73 ini bertemakan “Kerja Kita Prestasi Bangsa” Pemaknaan Tema ini terinspirasi dari kata “Kerja dan Energi”. Kata Kerja berarti adanya pergerakan/aktif, kemudian kata Energi berarti Tenaga atau daya untuk bekerja. Tema energy juga diambil dari idenitas Asian Games XVIII, yakni  The Energy of Asia. Sedangkan kata kerja, terinspirasi dari pemerintahan Presiden Joko Widodo selama 4 tahun terakhir.

Peringatan Detik-detik Proklamasi diawali dengan Pengibaran Bendera Merah Putih, yang diawali dengan pengambilan Bendera Mereh Putih di panggung kehormatan yang diserahkan oleh Inspektur Upacara Bupati Nabire Isaias Douw, S.Sos, MAP kepada  pembawa baki bendera Janneth Valentin Sabandar, Tempat Tanggal Lahir : Nabire,14 Februari 2002 siswa kelas 2 SMA Negeri 1 Nabire, Pengibar Bendera Raymond Edward Masiudu Tempat Tanggal Lahir : Nabire 06 Januari 2002 Siswa Kelas 2 SMA Negeri 3 Nabire,  Penarik Bendera Lukas Jems Regoi Tempat Tanggal Lahir : Nabire,18 Januari 2000, Pengikat Bendera Andre Manuaron Tempat Tanggal Lahir, Mambor 03 April 2001 Siswa kelas 3 SMA YPK Tabernakel. Seluruh warga sangat antusias melihat kesigapan anggota Paskibraka berbaris dalam berbagai  formasi mengambil bendera  dan menuju tiang bendera dan kembali ke barisan semula.

Seusai Pengibaran Bendera Merah Putih, dilanjutkan dengan Pembacaan teks Proklamasi oleh Wakil Ketua I DPRD Nabire Marcy Kegou dan pembacaan UUD 1945 oleh Wakil Ketua  1 KNPI Yanus Arwam, S.Pd. Selanjutnya Detik-detik Kemerdekaan RI ke-73 ditandai dengan bunyi Sirene. Setelah Upacara Bendera Detik-detik Proklamasi ke- 73 Kabupaten Nabire Tahun 2018 dilanjutkan dengan pembacaan dan Penyerahan Remisi bagi  94 Narapidana dari Kementerian Hukum dan HAM Republik Indonesia yang diserahkan oleh Bupati kabupaten Nabire Isaias Douw, S.Sos, MAP. Bagi Narapidana Umum sebanyak 87 orang dan Khusus sebanyak 7 orang yang disaksikan oleh para undangan dan peserta upacara serta pembagian hadiah kepada peserta lomba peringatan HUT kemerdekaan RI yang ke-73 ini.

Upacara detik-detik proklamasi RI Tahun 2018 ini di tutup dengan Doa yang dibawakan oleh Drs. Gani Difinubun.

Dalam kesempatan ini Bupati Nabire memberikan arahannya, yaitu dengan semangat perjuangan masyarakat kabupaten Nabire, kita harus terus mempertahankan NKRI. Beliau juga menghimbau untuk masyarakat nabire agar dapat mendukung semua program pembangunan baik itu program pemerintah pusat maupun daerah, agar wilayah nabire maju sama seperti wilayah indonesia lainnya.

Sedangkan sebagai Inspektur Upacara pada Aubade/penurunan bendera yaitu Wakil Bupati Nabire Amirulah Hasyim, S.IP, MM

Pada malam harinya, acara dilanjutkan dengan resepsi Kenegaraan bertempat di Guest House Jalan Merdeka Nabire. (untex, ir one, dedy, victor, fitri, tika)

Leave a Comment

*

code