YOSPAN JALAN WARNAI FESTIVAL BUDAYA UNTUK PERDAMAIAN KABUPATEN NABIRE

nabirekab.go.id- Bertempat di halaman Kantor Bupati Nabire pada hari Senin 06 Agustus 2018,  Peserta Yosim Pancar (Yospan) jalan di lepas langsung Bupati Nabire yang diwakili oleh Asisten Bidang Pembangunan Sekda Kabupaten Nabire, Ir. Thaib Syaifudin didampingi oleh Ketua Panitia Kegiatan Penguatan Pranata Adat melalui Festival Budaya Untuk Perdamaian Kabupaten Nabire, Yufinia Mote, S.SiT. Pelepasan yospan jalan ini diawali dengan doa bersama. Kegiatan ini juga dalam rangka memeriahkan HUT RI yg ke-73 tahun 2018.

Tari yospan jalan juga  termasuk dalam satu kategori lomba dalam festival budaya ini dengan jumlah peserta 46 group, sehingga sangat banyak mengundang perhatian warga masyarakat nabire untuk menyaksikan secara langsung, sekaligus menghibur hati warga masyarakat nabire.

Jalan-jalan yang di lewati oleh peserta yospan jalan dari kantor bupati hingga finish di taman gizi dipenuhi oleh warga masyarakat yang ingin menyaksikan salah satu tarian budaya papua yang fenomenal ini. Tari yospan atau yang biasa di sebut yosim pancar sudah menjadi salah satu tarian yang sangat digemari oleh orang asli papua, tetapi yospan juga telah menjadi salah satu tarian favorit bagi sejumlah kalangan remaja maupun orang tua yang bukan asli dari papua itu sendiri.

Dengan adanya Festival budaya ini kita sebagai masyarakat dapat mengenal tarian yospan juga menjadi kesempatan untuk menunjukkan berbagai macam budaya dari setiap suku, dengan demikian kita dapat saling mengenal, memahami, dan mengetahui satu sama lain sehingga dapat mempererat hubungan antar suku, adat yang ada di Kabupaten Nabire.

Leave a Comment

*

code