Semaraknya Malam Pembukaan Musabaqah Tilawatil Qur’an (MTQ) Ke XXVII Tingkat Provinsi Papua Di Kabupaten Nabire Tahun 2018

Nabirekab.go.id – Kegiatan Musabaqah Tilawatil Qur’an (MTQ) ke XXVII Tingkat Provinsi Papua tahun 2018 di Kabupaten Nabire akhirnya resmi dibuka pada Rabu malam (2/5/2018). Adalah Penjabat Gubernur Provinsi Papua, Mayjen TNI (Purn) Soedarmo berkenan melakukan penabuhan Tambur sebagai tanda dibukanya perhelatan MTQ ke XXVII Prov. Papua tahun 2018 secara resmi. Bersamaan dengan itu, terdengar sirene berbunyi nyaring sekaligus terbukanya secara otomatis sebuah replika Al Quran berukuran raksasa di lokasi acara bersebelahan dengan utama MTQ. Replika Al Qur’an ini akan tetap terbuka selama perhelatan kegiatan MTQ ini.

Rangkaian acara pembukaan MTQ ini diawali dengan penyerahan Piala Bergilir dari Penjabat Gubernur Papua kepada Ketua LPTQ Provinsi Papua, DR. Drs. H. Muhammad Musa’ad M.Si. Selanjutnya Piala tersebut diserahkan kepada Ibu Yuvinia Mote selaku Ketua Panitia Pelaksana MTQ XXVII untuk diperebutkan kembali.

Selanjutnya Lantunan ayat-ayat suci Al Qur’an dibawakan oleh Qori Internasional Abdul Azis R. S.PdI kemudian dilanjutkan berturut-turut laporan Ketua Panitia MTQ XXVII Prov Papua di Nabire, Sambutan dari Ketua Lembaga Pengembangan Tilawatil Qur’an (LPTQ) Prov. Papua, DR. Drs. H. Muhammad Musa’ad, M.Si, sambutan dari Kepala Kantor Wilayah Kemeterian Agama Provinsi Papua, Pdt. Amsal Yowei, S.Pdk.,M.Pdk, sambutan Bupati Nabire Isaias Douw, S.Sos, M.AP dan sambutan dari Penjabat Gubernur Papua, Mayjen TNI (Purn) Soedarmo sekaligus membuka MTQ XXVII Provinsi Papua secara resmi.

Dalam laporan Ketua Panitia dan sambutan dari Bupati Nabire, disampaikan rasa terima kasih yang sebesar-besarnya atas penghargaan dan kepercayaan yang diberikan kepada Kabupaten Nabire untuk menjadi tuan rumah dalam penyelenggaraan Musabaqah Tilawatil Qur’an (MTQ) ke XXVII Tingkat Provinsi Papua tahun 2018 kali ini. Disampaikan juga permohonan maaf apabila nantinya selama berada di Kabupaten Nabire, Khafilah dari Kabupaten/Kota merasa ada yang kurang cocok dengan keadaan pelayanan yang ada.

Sebagai Penyemarak dalam rangkaian acara pembukaan ini, ditampilkan Grup Qasidah Majelis Taklim Nurul Bahri Smoker. Grup Qasidah ini pada tahun 2017 memenangkan lomba Qasidah Tingkat Provinsi Papua di Jayapura, dan mewakili Provinsi Papua sebagai peserta dalam Lomba Qasidah tingkat Nasional yang diselenggarakan di Kota Padang Sumatera Barat.

Selain Grup Qasidah tampil pula grup paduan suara “MTQ Choir” binaan bapak Steven Sirken dan Ibu Cicilia Pratiwi. Membawakan lagu Mars MTQ, Grup Paduan Suara ini benar-benar memberikan kebanggaan tersendiri bagi Kabupaten Nabire, karena personel grup ini merupakan gabungan dari Pemuda Gereja, Remaja Masjid, dan anggota tim Pesparawi Nabire. Hal ini semakin menunjukkan eratnya silaturahmi, toleraansi dan persatuan antar umat beragama dalam kemajemukan masyarakat yang ada di kabupaten Nabire.

Galeri Foto Semaraknya Pembukaan MTQ ke XXVII Provinsi Papua tahun 2018 di Kab. Nabire

Leave a Comment

*

code