SOSIALISASI PUNGUTAN TARIF MASUK UNTUK WISATA DI TAMAN NASIONAL TELUK CENDERAWASIH

nabirekab.go.id, bertempat di Aula Hotel Nusantara I Balai Besar Taman Nasional Teluk Cenderawasih (TNTC) Kabupaten Nabire mengadakan kegiatan Sosialisasi Pengutan Tarif Masuk Untuk Wisata di Taman Nasional Teluk Cenderawasih pada tanggal 14 Nopember 2017 yang dihadiri oleh Plt. Sekda Kabupaten Nabire Drs. I Wayan Mintaya sekaligus membuka acara sosialisasi ini. Dalam pembukaan acara tersebut Plt. Sekda didampngi oleh Marthen Erari, mewakili Kepala BP4D dan juga Kepala Balai Besar TNTC Bapak Ir. Ben Gurion Saroy, M.Si.

Turut hadir dalam kegiatan tersebut perwakilan Kepala Dinas Lingkungan Hidup, Dinas Kelautan dan Perikanan, Dinas Perhubungan, Dinas Permberdayaan Masyarakat Kampung, Dinas Kominfo, Dinas Koperasi dan UKM, Badan Pelayanan Pajak dan Retribusi Daerah, Kepala Distrik Yaur, Kepala kampung Yaur, Teluk Umar, Kwatisore, Project Leader WWF, Ketua LMA Kabupaten Nabire, Pengelola Kali Lemon Resort, Pengelola Pantai Monalisa, Kepala Suku Yeretuar, BPTN Wilayah I Nabire, serta udangan lainnya.

Dalam sambutan Bupati Nabire yang dibacakan oleh Plt. Sekda Nabire, mengingatkan kepada kita bahwa sebagai negara hukum, setiap penyelenggaraan negara, pemerintah dan masyarakat harus didasarkan atas hukum, atau aturan sebagai rambu-rambu yang mengatur pola tingkah laku dan perbuatan sebagai warga negara, yang diupayakan untuk meningkatkan taraf kesejahteraan bagi masyarakat dan disesuaikan dengan diterapkannya Peraturan Pemerintah nomor 12 tahun 2014 tentang Jenis dan tarif atas jenis Penerimaan Negara Bukan Pajak (PNBP) yang berlaku di Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan.

Di dalam Taman Nasional ini mempunyai 5 (lima) ekosistem, yaitu ekosistem Hutan Tropis daratan/pulau, ekosistem hutan pantai, ekosistem padang lamun dan ekosistem terumbu karang. Dari ekosistem ini terdapat keanekaragaman flora dan fauna seperti terumbu karang, kurang lebih 460 jenis, 718 jenis ikan, 201 jenis moluska, 14 jenis mamalia, 7 jenis reptil serta berbagai jenis burung.

Acara sosialisasi ini terdiri dari tiga materi, yaitu Pertama Kebijakan Kementerian Lingkungan Hidup Kehutanan Bidang Pariwisata Dalam Pengelolaan Taman Nasional Teluk Cenderawasih yang disampaikan langsung oleh Kepala Balai Besar Taman Nasional Teluk Cederawasih Kabupaten Nabire, Bapak Ir. Ben Gurion Saroy, M.Si, Kedua Kebijakan Pengembangan Pariwisata dan Kebudayaan di Kabupaten Nabire oleh Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kabupaten Nabire, Bapak Natus Gobay, S.Sos, dan Ketiga Iuran dan Pungutan Kegiatan Wisata Alam pada Taman Nasional Teluk Cenderawasih, Bapak Prianto, S.Hut, M.Si, dengan Moderator Bapak Manuel Mirino, S.Hut. Kegiatan ini ditutup dengan diskusi dan tanya jawab.

Uncategorized

Leave a Comment

*

code