DIKLAT PRAJABATAN CALON PEGAWAI NEGERI SIPIL GOLONGAN I,II DAN III KATEGORI 1 (K1) DAN KATEGORI 2 (K2) DI LINGKUNGAN PEMERINTAH KABUPATEN NABIRE

Nabirekab.go.id,- Pegawai Negeri Sipil, merupakan unsur utama Sumber Daya Manusia (SDM) aparatur Negara, mempunyai peranan yang sangat penting dalam menentukan keberhasilan penyelenggaraan pemerintah dan pembangunan. Karena itu sebagai Pegawai Negeri Sipil diharapkan memiliki sikap dan perilaku yang penuh dengan kesetiaan dan ketaatan kepada Negara, bermoral, bermental baik, professional dan sadar akan tugas dan tanggung jawab sebagai pelayan publik serta mampu menjadi perekat persatuan dan kesatuan bangsa. Oleh karena itu perlu dilaksanakan pembinaan melalui jalur pendidikan dan pelatihan, yang mengarah pada upaya peningkatan sikap dan semangat pengabdian yang berorientasi pada kepentingan masyarakat bangsa dan Negara.
pr2Berkenan dengan hal tersebut, maka pada hari Selasa (22/11/16) bertempat di Gedung Olah Raga (GOR) Kotalama Nabire dilaksanakan Pembukaan Diklat Prajabatan bagi Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) Golongan I,II dan III yang diangkat dari Tenaga Honorer Kategori 1 (K1) dan Kategori 2 (K2) dilingkungan Pemerintah Kabupaten Nabire yang di buka secara resmi oleh Bupati Isaias Douw,S.Sos, MAP ditandai dengan pemukulan Tifa. Hadir dalam pelaksanaan acara tersebut, Kepala Pusdiklat Provinsi Papua, KAPOLRES Nabire, Komandan Batalyon Raider 753 Nabire, Para Kepala Dinas, Badan dan Kantor Dilingkungan Kabupaten Nabire serta Widyaswara dan Instruktur.
pr3Dalam Laporannya, Ketua Panitia Pelaksana, Eliezer S. Korowa,S.Pd, mengatakan ; Tujuan yang akan dicapai dalam Diklat Prajabatan ini adalah mengembangkan kompetensi dan berperan dalam melaksanakan tugas pokok dan fungsi diinstansinya. Sasarannya adalah meningkatkan kompetensi yang akan dibangun dalam Diklat Prajabatan ini sebagai sosok Aparatur Sipil Negara (ASN) yang memiliki kemampuan yang memadai untuk melaksanakan tugas pokok dan fungsi diinstansinya. Lanjutnya, jumlah peserta yang mengikuti Diklat ini berasal dari CPNS Golongan I,II dan III sebanyak 792 yang di bagi dalam 20 (dua puluh) angkatan. Waktu pelaksanaannya dibagi dalam dua gelombang yaitu : Gelombang Pertama dilaksanakan pada tanggal 22 sampai dengan 29 november 2016 dan Gelombang Kedua dilaksanakan pada tanggal 2 sampai dengan 8 Desember 2016.
pr4Selanjutnya, Bupati Nabire Isaias Douw, S.Sos, MAP dalam sambutannya mengharapkan, penyelenggaraan Diklat Prajabatan ini kiranya menjadi wahana proses pembelajaran bagi para peserta untuk memperoleh, menimba dan meningkatkan pengetahuan, wawasan, keterampilan, keahlian dan sikap agar dapat melaksanakan tugas secara profesional, dengan dilandasi kepribadian dan etika pegawai negeri sipil, sesuai nilai-nilai budaya bangsa dan kode etik KORPRI, Sesuai dengan Misi Ketiga Pemerintah Kabupaten Nabire, yakni : Meningkatkan Kapasitas Dan Kapabilitas Aparatur Dan Kelembagaan Melalui Penerapan Tata Kelola Pemerintahan Yang Baik, Efisien Bersih Yang Berorientasi Pada Pembangunan Berkelanjutan, maka setiap pegawai negeri sipil mempunyai peran yang sangat sentral dalam penyelenggaraan tugas pemerintahan dan pembangunan maupun pembinaan kemasyarakatan.
pr5Bupati Isaias Douw berharap melalui Diklat Prajabatan ini, dapat menghasilkan Aparatur Pemerintah yang handal, profesional, berdisiplin, bertanggung jawab dan memiliki moral dan etika yang baik sehingga tercipta aparatur pemerintah yang efektif dan efisien, bersih dan beribawa serta mampu menumbuhkan peran aktif masyarakat dalam mensukseskan Visi Kabupaten Nabire, yaitu : Membuka Isolasi Daerah Demi Terwujudnya Masyarakat Nabire Berwawasan Keberagaman, berkeadilan, Sejahtera Dan Mandiri Secara Berkelanjutan.
pr6Mengakhiri sambutannya, Bupati mengingkatkan kepada Panitia Penyelenggara, agar Diklat yang berlangsung saat ini, dilaksanakan dan dikemas secara baik dan sesuai peraturan perundang-undangan yang berlaku. Sehingga tidak ada kesan bahwa Diklat Prajabatan ini hanya sekedar formalitas belaka. Dan kepada peserta dirinya berharap agar mempersiapkan diri dengan sebaik-baiknya, patuhilah semua aturan serta tata tertib dari panitia maupun instruktur, tumbuhkan semangat untuk belajar, dan berdisiplin serta menjaga kesehatan selama berlangsungnya kegiatan ini. (U.r)

Related posts

Leave a Comment

*

code