SEBANYAK 192 MAHASISWA AKPER NABIRE DIWISUDA

akper1nabirekab.go.id  Bertempat di Gedung Olah Raga (GOR) Kota Lama Nabire, rabu  (23/09/15) AKPER Nabire Politeknik Kesehatan Kemenkes Jayapura mengadakan Rapat Senat Terbuka dalam rangka Wisuda lulusan program studi Diploma III Keperawatan dan Diploma III Kebidanan Nabire pada Politeknik Kemenkes Jayapura tahun Akademik 2014-2015.

akper2Dalam laporan Pendidikan Direktur Politeknik Kesehatan Kemenkes Jayapura Isak J.H.Tukayo,SKp.M.Sc mengatakan,  jumlah mahasiswa AKPER Nabire Politeknik Kesehatan Kemenkes  Jayapura yang di Wisuda tahun ini adalah sebanyak 192 mahasiswa, yang terdiri dari Prodi Keperawatan D-III Nabire sebanyak 109 orang yang terdiri dari, Reguler Nabire sebanyak 75 orang, Kelas Pemda Puncak sebanyak 34 orang.  Adapun prestasi yang di dapat oleh mahasiswa D-III Keperawatan diantaranya;  (Cumlaude) 1 orang mahasiswa, Sangat Memuaskan 73 orang mahasiswa , Memuaskan 30 orang mahasiswa. Sedangkan mahasiswa D-III Keperawat yang  lulus tepat waktu;  Reguler 73  dari 100 orang  mahasiswa dan Kelas Pemda Puncak 34 dari 40 orang mahasiswa. Selanjutnya Prodi D-III Kebidanan Nabire sebanyak 83 orang mahasiswa, terdiri dari Reguler Nabire sebanyak 45 orang mahasiswa, Kelas Pemda Deyai sebanyak 7 orang mahasiswa dan Kelas Pemda Provinsi Papua sebanyak 32 orang mahasiswa. Adapun prestasi mahasiswa D-III Kebidanan diantaranya (Cumlaude) sebanyak 9 orang mahasiswa, Sangat Memuaskan sebanyak 58 orang  mahasiswa serta Memuaskan 17 orang mahasiswa. Sedangkan mahasiswa D-III Kebidanan yang lulus tepat waktu, Reguler Nabire 45 orang mahasiswa,  Kelas Pemda Deyai sebanyak 7 orang mahasiswa serta Kelas Pemda Provinsi Papua sebanyak 32 orang mahasiswa.

akper3Selanjutnya Isak J.H.Tukayo, SKp.M.Sc  mengatakan, bahwa berdasarkan pada Undang-Undang No.36 tahun 2014 tentang Tenaga Kesehatan bahwa untuk melakukan pelayanan Keprofesian, semua tenaga kesehatan selain menyelesaikan pendidikan akademiknya, juga harus mengikuti Uji Kompetensi yang di laksanakan oleh Lembaga Penyelenggaran Uji Kompetensi (LPUK), dan yang lulus Uji kompetensi akan memperoleh Sertifikat Kompetensi, sebagai jaminan kualitas tenaga kesehatan yang memberikan pelayanan di rumah sakit maupun di puskesmas. Oleh karena itu dirinya mengharapkan kepada para lulusan untuk selalu tetap  mengasah pengetahuan dan keterampilan agar dapat lulus pada Uji Kompetensi yang akan berlangsung pada bulan Juni 2016. Mengakhiri laporan pendidikan Direktur Politeknik Kesehatan Kemenkes Jayapura Isak J.H.Tukayo, SKp.M.Sc, mengucapkan terima kasih dan penghargaan kepada pemerintah Kabupaten Nabire, Puncak Jaya dan Deyai, atas kepercayaan yang di berikan kepada Politeknik Kesehatan Kemenkes Jayapura untuk mencetak tenaga-tenaga kesehatan yang profesional serta berharap dukungan Pemda dapat berlangsung terus untuk mencetak tenaga kesehatan yang professional, mandiri dan kompetitif, berwibawa pada prodi Keperawatan Nabire dan prodi Kebidanan Nabire, yang pada akhirnya akan mendharmabaktikan ilmunya untuk meningkatkan derajat kesehatan di daerah ini.

Hadir dalam acara ini Pejabat Bupati Kabupaten Nabire yang di wakili Sekda Drs.Johny Pasande, Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Papua, Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Nabire, Perwakilan pemerintah Deyai, Puncak, Forkopimda Kabupaten Nabire, Direktur RSUD Nabire, Ketua PPNI Kabupaten Nabire, Ketua IBI Kabupaten Nabire, Para Rohaniawan, Para  Orang tua Wisudawan/wati, Para Undangan dan Para Wisudawan-Wisudawati.

akper5Dalam sambutan tertulis Pj Bupati Nabire, yang dibacakan Sekda Drs. Johny Pasande,  mengucapkan selamat kepada seluruh mahasiswa/i yang sebentar lagi akan dikukuhkan sebagai wisudawan dan wisudawati, Sebagai pertanda bahwa secara moral dan secara akademik telah siap menyandang gelar kesarjanaan dengan berbagai konsekuensi dan tuntutan lingkungan mau pun tuntutan dari diri sendiri. Juga kepada orang tua dan keluarga wisudawan-wisudawati Pj Bupati Nabire mengucapkan selamat atas keberhasilan anggota keluarganya, serta tidak lupa dirinya menyampaikan pula penghargaan dan terima kasih kepada penanggung jawab prodi D-III Keperawatan dan Kebidanan Nabire Politeknik Kesehatan Kemenkes Jayapura, serta semua pihak terkait atas segala keiklasan serta kesungguhan dalam membimbing para mahasiswa kita, hingga pada hari ini dapat di wisudakan.

akper6Selanjutnya  Pj Bupati Nabire, mengingatkan kepada wisudawan/wisudawati bahwa berbagai tantangan dan peluang telah menanti di masa yang akan datang, oleh karena itu bekalilah terus diri kalian dengan ilmu pengetahuan dan pengalaman yang sebanyak-banyaknya untuk mencetak Sumber Daya Manusia yang Responsif dan Inovatif, sehingga nantinya mampu meraih berbagai peluang, memiliki daya saing yang tinggi dan siap menghadapi berbagai tantangan, dan lebih khusus lagi dapat mengangkat harkat dan derajat kesehatan masyarakat di daerah ini. Mengakhiri sambutannya, Sekali lagi dirinya atas nama pemerintah daerah dan segenap masyarakat Kabupaten Nabire, kembali menyampaikan apresiasi kepada penyelenggara prodi D-III Keperawatan dan Kebidanan Nabire yang untuk kesekian kalinya berhasil mencetak para sarjana di bidang kesehatan, dan semakin menambah motivasi untuk terus melangkah maju sebagai salah satu Perguruan Tinggi Swasta yang memiliki kualitas dan kredibilitas yang tidak perlu di ragukan lagi.

Acara Rapat Senat Terbuka dalam rangka wisuda lulusan Program Studi Diploma III Keperawatan dan Diploma III Kebidanan Nabire pada Politeknik Kesehatan Kemenkes Jayapura tahun akademik 2014/2015 ditutup dan diakhiri dengan foto bersama. (u.r)