SENI BUDAYA LOKAL SEBAGAI PEREKAT BANGSA HARUS DILINDUNGI DIGALI DAN DIKEMBANGKAN

pake 1Sejalan dengan motto Kabupaten Nabire Yakni “Membara Kasih Kediri Masyarakat” yang bermakna Membangun Keanekaragaman demi Kasih Guna Mewujudkan Kemandirian Masyarakat, sehingga Keanekaragaman budaya yang ada di Kabupaten Nabire merupakan aset yang harus dilestarikan dan dikembangkan menjadi potensi daerah yang perlu dikemas dengan baik yang nantinya akan menjadi ciri khas daerah yang membedakan Kabupaten Nabire dengan Kabupaten lainnya dan merupakan objek pariwisata yang harus dipromosikan kepada masyarakat luas sehingga mereka tertarik untuk mengunjungi Kabupaten Nabire, sehingga pada gilirannya akan mengembangkan sector pariwisata di Kabupaten Nabire. Dalam rangka melestarikan nilai-nilai adat istiadat serta seni dan budaya, Dinas Kebudayaan Pemuda Olahraga dan Pariwisata Kab. Nabire menggelar Pesta Seni Budaya ke II yang bertujuan untuk menggali dan mengembangkan serta melestarikan seni budaya tradisional yang telah ada disetiap kampung dan sanggar seni budaya yang ada di kota Nabire. Selain itu juga untuk memperkokoh rasa persatuan dan kesatuan melalui ungkapan seni dan budaya daerah dalam semangat Bhinneka Tunggal Ika.

pake2Demikian sambutan Bupati Nabire Isaias Douw,S.Sos pada pembukaan Pesta Seni Budaya II Nabire senin 6 oktober 2014 yang mengambil lokasi di Taman Gisi Oyehe Nabire. Turut hadir pada kesempatan tersebut Rombongan Muspida Kab. Nabire, para Asisten Sekda, Kepala Dinas Kebudayaan Pemuda Olahraga dan Pariwisata Kab. Nabire Drs.Blasius Nuhuyanan, Ketua Panitia Pesta Budaya II Kab Nabire Tahun 2014 Yusuf Sirampun Pirade,ST,MT ,para kepala SKPD, Para Kepala Distrik, rombongan pawai budaya yang terdiri dari berbagai macam suku adat budaya dan sanggar seni, serta undangan lain.

pake3Kegiatan yang rencananya akan ditutup Sabtu 11 Oktober ini,di meriahkan oleh Tarian Cenderawasi adat Bali, Tarian Adat Papua dari Sanggar Tari Keltomini,dan Trio Satahi dari Jakarta yang menyanyikan lagu Adat Batak dan Papua. Pembukaan diawali dengan Pawai Budaya dari bebagai macam suku yang ada di Kabupaten nabire dan Distrik yang ada di Kabupaten Nabire yang dilepas oleh Asisten Bidang Pemerintahan Drs I Wayan Mintaya. Adapun rute jalan yang dilewati, start dari Kantor Bupati menuju jalan Pepera hingga bandara menuju jalan Sisingamangaraja tiba di Pantai Nabire belok kanan menyusuri jalan Yos Sudarso sampai Taman Gisi Oyehe.

pake4Kegiatan dilanjutkan dengan peninjauan stand – stand yang sudah dibuka oleh Bupati Nabire bersama Rombongan Muspida Kabupaten Nabire.

 

Leave a Comment

*

code