PERTEMUAN BPK-RI DAN PARA KEPALA SKPD

pakeNabire – Jumat 9 Mei 2014, bertempat di ruang rapat Sekertariat Daerah dilaksanakan Pertemuan antara Tim BPK RI dan para Kepala SKPD dalam rangka pemeriksaan yang akan dilaksanakan oleh Tim BPK RI di Kabupaten Nabire.

Turut hadir dalam pertemuan tersebut Wakil Bupati Nabire Mesak Magai,S.Sos, M.Si,Plt. Sekretaris Daerah Drs. Johny Pasande, Ketua Tim BPK RI bersama rombongan, para Kepala SKPD, Para Kepala Distrik dan bendahara masing – masing SKPD.

Kegiatan dibuka dengan doa yang dipimpin oleh Ibu Yunita Pamenta ,S.Pd dan dilanjutkan dengan sambutan wakil Bupati Nabire.

Dalam sambutannya yang disampaikan secara langsung beliau mengucapkan terima kasih kepada Tim BPK RI bersama rombongan yang sudah tiba di Kabupaten Nabire untuk melaksanakan pemeriksaan Keuangan APBD tahun 2013 di Kabupaten Nabire. Beliau juga menghimbau bahwa kegiatan yang dilakukan Tim BPK RI ini merupakan kegiatan yang sudah rutin dilaksanakan setiap tahun dan apabila ada temuan akan ditindaklanjuti untuk itu diharapkan kepada bendahara masing – masing SKPD agar tidak meninggalkan tempat tugas selama masa pemeriksaan berlangsung. Pada tahun – tahun yang sudah berlalu mungkin ada temuan yang tidak sempat terselesaikan berhubung ada diantara pejabat yang mutasi ke Kabupaten baru yang merupakan pemekaran dari Kabupaten Nabire. Beliau yakin bahwa pengelolaan keuangan di Kabupaten Nabire akan berubah kearah yang lebih baik seiring dengan penggunaan fasilitas yang semakin memadai bersama petunjuk dari Inspektorat Kabupaten Nabire yang semakin baik.

Senada juga yang disampaikan oleh Plt. Sekretaris Daerah Kabupaten Nabire bahwa kita tidak perlu merasa khawatir dengan adanya pemeriksaan tersebut karena Tim BPK RI bersama rombongan hadir bukan untuk mencari kesalahan tetapi untuk membimbing dan memperbaiki untuk itu dihimbau kepada para Kepala SKPD agar mendampingi bendahara masing – masing selama masa pemeriksaan dan tidak meninggalkan tempat tugas.pake1

Lewat sambutannya juga Ketua Tim BPK RI menyampaikan bahwa tujuan pemeriksaan yang akan berlangsung dari tanggal 5 Mei sampai dengan7 Juni ini adalah untuk memberikan keyakinan yang memadai bahwa apakah laporan keuangan sudah sesuai dengan standar yang berlaku. Untuk Kabupaten Nabire yang sementara ini masih dalam opini tidak wajar beliau berharap agar dukungan dari semua pihak yang disertai dengan usaha dan kerja keras kedepannya bisa berubah menjadi opini wajar dengan pengecualian.

Kegiatan dilanjutkan dengan pemberian tanggapan dari Ketua Tim BPK RI kepada beberapa instansi yang mengajukan pertanyaan.

Leave a Comment

*

code